Rabu, 26 Feb 2020 07:33 WIB

iOS vs Android, Kamu Lebih Suka yang Mana?

Aisyah Kamaliah - detikInet
ios vs android Android vs iOS, kamu lebih pilih mana? Foto: istimewa
Jakarta -

Saat kamu membeli smartphone ada dua pilihan operating system yang tersedia: iOS dan Android. Keduanya tentu memiliki perbedaan dan keunggulan tersendiri.

Melansir Digital Trends, ada sedikit komparasi yang dilakukan dan mungkin jadi bahan pertimbangan untuk membeli smartphone. Semua sih balik lagi ke selera dan kebutuhan.


1. Keterjangkauan harga

Apple selalu menyasar pasar kelas atas dengan harga yang lumayan. Sebutlah iPhone 11 dan iPhone 11 Pro yang sejak awal saja sudah dibanderol harga belasan juta hingga dua puluh jutaan rupiah. Tidak kaget jika dengar harga iPhone yang mahal.

Dari sisi ini jelas Android menang telak. Banyak ponsel dengan operating system Android yang lebih terjangkau harganya dengan varian spek yang bermacam-macam.

2. Aplikasi

Dikutip dari Statista, untuk Q4 pada 2019, Android user bisa memilih 2,57 juta aplikasi dan sementara untuk Apple App Store memiliki 1,84 juta aplikasi pilihan.

Play juga memiliki aplikasi gratis yang lebih banyak tetapi biasanya game terbaik meluncur pada iOS pertama kali dan baru menyusul di Android.


3. Maps

Following the map that leads to you, kata Maroon 5. Tapi tunggu dulu nih, mau pakai Google Maps atau Apple Maps nih?

Untuk segi wilayah yang ter-cover sepertinya Google Maps menang di atas Apple Maps (malah banyak juga pengguna Apple yang memakai Google Maps). Bahkan nih detikers, Google mengatakan telah memetakan daerah Bumi lebih dari 16 juta kilometer, sama dengan mengelilingi Bumi 400 kali. Gambar itu dapat diakses melalui fitur Street View.

Tak hanya itu, Google Earth yang merekam Bumi melalui satelit, telah menjangkau 57,9 juta kilometer permukaan Bumi. Artinya, sudah mencakup 98% area yang terdapat populasi manusia.

4. Updates

Dari segi pembaharuan, Apple patut diacungi jempol karena melakukannya secara konsisten dan terjadwal. Jika kamu menginginkan pengalaman yang sama di Android, maka kamu harus membeli salah satu ponsel Google Pixel.

Ditambah, kebanyakan pengguna perangkat iOS sekarang telah menjalankan versi terbaru. Tahun lalu sudah 50% menjalankan iOS 13. Angka itu akan jauh lebih rendah bila disandingkan dengan ponsel Android.

Kira-kira begitu lah perbedaan dan keunggulan masing-masing operating system. Kalau kamu sendiri lebih suka pakai Android atau iOS?

iOS vs Android, Kamu Lebih Suka yang Mana?


Simak Video "Deretan Ponsel yang Tak Bisa Pakai WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)