Senin, 24 Feb 2020 17:40 WIB

Samsung Patenkan Layar Waterfall Gaya Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Unboxing Samsung Galaxy Note 10+ Samsung Patenkan Waterfall Display Gaya Baru Foto: Kris/detikINET
Jakarta -

Samsung Galaxy S20 mungkin baru saja meluncur, tapi tidak ada salahnya untuk mulai membicarakan Galaxy Note 20 dari sekarang. Apalagi berdasarkan paten yang baru saja didaftarkan Samsung, Galaxy Note 20 kemungkinan mengusung display gaya baru.

Dikutip detikINET dari Gizmochina, Senin (24/2/2020) paten Samsung tersebut telah diterima oleh US Patent and Trademark Office (USPTO). Dari ilustrasi yang disertakan, paten tersebut terkait dengan teknologi baru untuk waterfall display dengan tombol fisik.

Waterfall display adalah jenis display yang 'meluber' sampai ke sisi kanan dan kiri ponsel. Salah satu ponsel yang menggunakan display ini adalah Huawei Mate 30 Pro, tapi display di ponsel tersebut terpaksa menggusur tombol power menjadi sedikit ke belakang dan menggunakan tombol virtual untuk volume.

Untuk paten waterfall display yang didaftarkan Samsung akan menggunakan teknologi yang memungkinkan tombol fisik untuk power dan volume untuk menembus kaca display. Paten tersebut menyebut teknologi ini sebagai 'bent edge display'.

Paten Waterfall Display dari SamsungPaten Waterfall Display dari Samsung Foto: USPTO

Untuk membuat display ini bisa bekerja, Samsung harus membuat cutout atau lubang di kaca agar bisa ditembus oleh tombol fisik.

Paten ini pertama kali didaftarkan Samsung pada 2018 tapi baru diterima pada Februari. Jadi ada kemungkinan teknologi ini akan digunakan di Galaxy Note 20 yang mungkin diluncurkan pada musim gugur tahun ini.

Seri Galaxy Note sendiri memang telah menggunakan display yang melengkung di sisinya. Tapi penampilannya memang tidak terlalu menonjol seperti Mate 30 Pro.

Selain waterfall display model baru, Samsung juga mendaftarkan paten untuk teknologi lainnya yang mungkin akan digunakan di ponsel masa depan mereka. Salah satunya adalah proyektor holografik untuk menampilkan gambar stereoskopis.



Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M31 yang Ditenagai 6.000 mAh"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)