Kamis, 20 Feb 2020 15:07 WIB

Google Rilis Android 11, Apa Saja Fitur Barunya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Android 11 Developer Preview Android 11. Foto: Dok. Google
Jakarta -

Biasanya Google baru merilis Android Terbaru versi Developer Preview pada Maret, namun kini mereka sudah merilis Android 11. Apa saja yang baru?

Sesuai namanya, ini adalah Android yang ditujukan untuk para developer agar bisa menjajal aplikasi buatannya di OS terbaru itu. Sangat tidak disarankan untuk menginstal pembaruan ini pada ponsel utama yang dipakai harian, karena biasanya masih menyimpan banyak bug.

Google menjanjikan banyak hal pada OS terbaru ini, seperti dukungan 5G yang lebih baik, fitur privasi yang lebih baik, serta tampilan antarmuka messaging yang baru, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (20/2/2020).

Berikut adalah fitur baru di Android 11:

  • Bubbles. Fitur ini sejatinya adalah bagian dari Android 10, dan mengingatkan pada tampilan chat heads milik Facebook. Ini adalah tampilan antarmuka baru untuk aplikasi messaging, di mana pengguna bisa membuka sejumlah percakap sekaligus yang mudah diakses. Saat ini, fiturnya hanya kompatibel dengan aplikasi messaging bawaan Android, namun ke depannya mungkin bakal bisa dipakai di WhatsApp, Facebook Messenger, ataupun Signal, dan lainnya.
  • Conversations. Bersama dengan bubbles, ada juga bagian conversations atau percakapan yang muncul di area notifikasi. Kini tampilan pesan di bagian notifikasi akan terpecah sesuai aplikasinya, seperti email, Instagram, dan juga pembaruan aplikasi. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna bisa menggunakan area tersebut untuk berkomunikasi.
  • App permission yang lebih baik. Pada Android 11 pengguna mempunyai opsi untuk memberikan izin sementara ke aplikasi untuk mengakses fitur tertentu pada ponsel, seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi. Fitur semacam ini sebelumnya ada di iOS.
  • Screen recording. Fitur perekaman layar ini sebenarnya sudah sempat ada di Android 10 beta, namun malah dihilangkan pada versi finalnya. Kini fitur tersebut kembali hadir di Android 11 dengan tampilan yang lebih menarik. Jadi mungkin saja fitur perekaman layar ini bakal tersedia sampai Android 11 versi final dirilis.

Selain itu ada juga perubahan kecil pada sejumlah fitur Android, yaitu:

  • Pengaturan dark mode secara otomatis.
  • Gesture Motion Sense untuk mengatur pemutaran musik (khusus Pixel 4).
  • Pengaturan untuk meningkatkan sensitivitas layar sentuh di Pixel 4.
  • Airplane mode tak lagi mematikan koneksi Bluetooth untuk audio.
  • Tampilan antarmuka untuk screenshot baru, namun opsi ini masih tersembunyi dan tak muncul otomatis.

Lalu sebenarnya masih banyak perubahan ataupun penambahan lain yang tak terlihat langsung. Seperti dukungan yang lebih baik untuk ponsel layar lipat, layar waterfall, dan layar hole punch. Ada juga integrasi 5G yang lebih baik, peningkatan privasi dan keamanan, dan lainnya.



Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)