Selasa, 18 Feb 2020 20:46 WIB

Duh, Ponsel Samsung dan Huawei KW Banjiri AliExpress

Virgina Maulita Putri - detikInet
Unboxing Samsung Galaxy Note 10+ Samsung Galaxy Note 10 yang asli (Foto: Kris/detikINET)
Jakarta -

Samsung dan Huawei termasuk dua vendor ponsel terbesar di dunia dengan produk flagship kenamaan. Jadi cukup wajar jika ada perusahaan yang ingin mendompleng nama dan produk populer mereka.

Bahkan kini versi palsu alias KW dari beberapa ponsel flagship Samsung dan Huawei banyak ditemukan di AliExpress, situs e-commerce asal China. Dilansir detikINET dari Gizmochina, Selasa (18/2/2020) ponsel-ponsel KW ini dibuat oleh perusahaan bernama Kimtien.

Beberapa seri ponsel yang ditiru Kimtien antara lain Samsung Galaxy S10+, Galaxy Note 10+ dan Huawei Mate 30 Pro. Nama, bentuk dan pilihan warnanya memang terlihat sama persis dengan ponsel yang ditiru, tapi spesifikasinya tentu jauh dari aslinya.

Duh, Ponsel Samsung dan Huawei KW Banjiri AliExpressPonsel Tiruan Buatan KimtienFoto: Gizmochina

Untuk Kimtien Note 10+ misalnya, ponsel ini menggunakan chipset 10-core yang digabungkan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Tapi prosesornya datang dari Mediatek, bukan dari Qualcomm atau Samsung.

Spesifikasi lainnya meliputi headphone jack 3,5mm, baterai 4.800 mAh, Bluetooth 4.0, dan display berukuran 6,8 inch. Ada juga kamera belakang 23MP dan kamera depan 13MP.

Sistem operasinya menggunakan Android 9.1. Agar makin terlihat mirip dengan Galaxy Note 10+, ponsel KW ini juga dilengkapi dengan stylus.

Karena termasuk produk KW, harga jual ponsel Kimtien ini juga jauh lebih rendah dibanding aslinya. Untuk Kimtien Note 10+ yang disebut di atas, harganya hanya USD 166 atau sekitar Rp 2,3 juta. Bandingkan dengan Galaxy Note 10+ 256GB yang dibanderol Rp 16,5 juta.

Tidak banyak yang diketahui soal perusahaan Kimtien sendiri. Tapi mereka mengaku memiliki stok hingga puluhan ribu unit yang menandakan praktek ini cukup menjanjikan.



Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M31 yang Ditenagai 6.000 mAh"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)