Startup Ponsel Buatan Bapak Android Akhirnya Tutup

Startup Ponsel Buatan Bapak Android Akhirnya Tutup

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 13 Feb 2020 11:48 WIB
Essential Phone
Essential Phone. Foto: Dok. Essential
Jakarta -

Setelah beroperasi selama kurang dari tiga tahun startup Essential besutan Andy Rubin akhirnya berhenti beroperasi.

Selama masa hidupnya, startup yang dibesut pembuat Android tersebut hanya mempunyai satu buat ponsel, yaitu Essential Phone. Ponsel tersebut penjualannya payah dan mendapat ulasan yang beragam, baik positif maupun negatif.

Mereka sempat merencanakan untuk merilis ponsel penerusnya, namun kemudian dibatalkan. Essential pun pernah berjanji untuk merilis perangkat pintar seperti asisten digital untuk di rumah serta sebuah sistem operasi, yang tak juga berhasil diwujudkan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (13/2/2020).

Ada juga sebuah proyek bernama Project Gem, yang merupakan pengembangan ponsel baru dengan desain yang tak biasa. Proyek yang pertama dipamerkan ke publik pada Oktober 2019 tersebut kemudian juga tak jelas masa depannya.

"Kami sudah membuat keputusan sulit untuk menghentikan operasi dan mematikan Essential," tulis mereka dalam postingan blog resminya.

Dengan ditutupnya Essential, mereka pun tak lagi memberikan dukungan pembaruan software untuk satu-satunya ponsel yang mereka rilis, yaitu Essential Phone, yang sebelumnya terbilang rutin mendapatkan pembaruan OS.

Andy RubinAndy Rubin Foto: istimewa

Essential pada awalnya cukup menarik perhatian karena dibesut oleh orang yang menciptakan Android. Mereka pun perusahaan yang menggunakan layar yang hampir memenuhi bagian depan ponsel, kecuali notch pada bagian atas.

Desain tersebut kemudian juga diterapkan Apple di iPhone X, dan barulah banyak pabrikan ponsel lain yang ikut memakai desain tersebut.

Namun startup yang sempat mendapat banyak investor itu kemudian mendapat citra buruk karena laporan New York Times yang mengungkap laporan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Rubin, yang membuatnya meninggalkan Google.

Meski Essential sudah ditutup, perusahaan venture capital milik Rubin bernama Playground Global tetap beroperasi. Perusahaan tersebut berkantor di tempat yang sama dengan Essential.

Startup Ponsel Buatan Bapak Android Akhirnya Tutup


Simak Video "Andy Rubin si Bapak Android Kembali Tersandung Skandal Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)