Apple Jajaki Mac dengan Prosesor AMD

Apple Jajaki Mac dengan Prosesor AMD

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 11 Feb 2020 13:18 WIB
SAN JOSE, CALIFORNIA - JUNE 03: The new Mac Pro is displayed during the 2019 Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) at the San Jose Convention Center on June 03, 2019 in San Jose, California. The WWDC runs through June 7. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Ilustrasi Mac Pro (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta -

Sudah bertahun-tahun Apple hanya menggunakan prosesor Intel untuk perangkat Mac-nya. Namun kini mereka disebut tengah menjajaki penggunaan prosesor AMD.

Kabar ini muncul dari barisan kode yang ditemukan di macOS Catalina versi beta, yang memperlihatkan Apple tengah menjajaki kemungkinan penggunaan prosesor AMD di perangkat Mac-nya.

Namun menariknya, sampai saat ini belum ada tanda lain yang mengindikasikan Apple mau pindah dari Intel ke AMD. Jadi sepertinya Apple memang baru mengadakan pengujian secara internal mengenai penggunaan prosesor AMD tersebut.

Sejauh ini Apple memang sudah menggunakan komponen AMD di perangkat Mac, namun terbatas pada sisi GPU alias chip grafis, bukan CPU. Dengan adanya pengujian internal tersebut, bukan tak mungkin ke depannya akan ada perangkat Mac dengan CPU dan GPU dari AMD.

Namun yang perlu diingat adalah, Apple sempat mencetuskan ide untuk menggunakan prosesor custom untuk perangkat Mac. Maksudnya adalah Apple mungkin saja menggunakan chip semacam prosesor seri A yang dipakai di iPhone dan iPad untuk Mac.

Rumor penggunaan prosesor AMD ini muncul setelah Apple dikabarkan bakal merilis perangkat Mac yang didesain untuk gamer. Mungkin saja Mac dengan CPU dan GPU AMD inilah yang bakal diposisikan untuk perangkat Mac gaming tersebut, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (11/2/2020).

Apple Jajaki Mac dengan Prosesor AMD


Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)