Pengguna Windows 7 Mengeluh Tidak Bisa Matikan Komputer

Pengguna Windows 7 Mengeluh Tidak Bisa Matikan Komputer

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 10 Feb 2020 06:30 WIB
Windows 7 New
Pengguna Windows 7 Mengeluh Tidak Bisa Matikan Komputer Foto: Getty Images
Jakarta -

Dukungan untuk Windows 7 sudah dihentikan oleh Microsoft pada pertengahan Januari lalu. Penggunanya yang masih setia pun sempat mengalami isu yang mengganggu seperti komputer yang tidak bisa dimatikan.

Dilansir detikINET dari ZDNet, Senin (10/2/2020) beberapa pengguna Windows 7 mengatakan mereka menerima pesan berbunyi "You don't have permission to shut down this computer" setiap mereka ingin mematikan atau me-reboot komputer.

Gangguan ini disebabkan oleh bug yang asal-usulnya tidak diketahui. Untungnya beberapa pengguna telah menemukan cara cepat untuk menyelesaikan masalah ini secara sementara.

Salah satunya yang dibagi oleh seorang pengguna Reddit. Cara ini terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Pertama, bikin akun admin baru. Setelah itu login ke akun admin tersebut, atau akun admin lain yang sudah ada di sistem.

Kemudian login kembali ke akun admin default. Lalu matikan atau reboot komputer seperti biasa. Walau caranya mudah, pengguna Windows 7 yang terdampak bug ini harus terus melakukan langkah ini setiap ingin mematikan komputernya.

Ada juga cara yang lebih permanen, tapi tidak resmi, yang dibagikan oleh pengguna Reddit dan oleh perusahaan dukungan IT, Quick Heal. Beberapa pengguna melaporkan cara ini berhasil mengatasi masalah tersebut dan caranya seperti ini:

1. Pencet tombol Windows+R untuk membuka jendela Run.
2. Ketik gpedit.msc dan tekan Enter.
3. Di jendela Group Policy Editor, masuk ke Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.
4. Di panel sebelah kanan opsi Security Options, cari dan double klik "User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode."
5. Di jendela baru, klik Enable.
6. Kembali buka jendela Run, kali ini ketik "gpupdate /force" dan tekan Enter. Ini akan meng-update semua kebijakan grup.
7. Restart atau matikan komputer seperti biasa.

Windows 7 seharusnya sudah tidak lagi menerima dukungan dari Microsoft sejak 14 Januari. Tapi baru-baru ini Microsoft harus membuat pengecualian dan meluncurkan tambalan untuk bug yang mengacaukan wallpaper di perangkat Windows 7.

Mengingat mematikan atau me-reboot komputer lebih penting dibanding memperbaiki wallpaper, seperti Microsoft akan kembali membuat pengecualian dan merilis tambalan baru untuk memperbaiki Windows 7.



Simak Video " Dihajar Corona, Saham Microsoft Bonyok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)