Kamis, 06 Feb 2020 13:23 WIB

'Kontingen' China di Pesta Ponsel Dunia Dipangkas Karena Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
MWC 2019 Suasana Mobile World Congress. Foto: Ardhi Suryadhi/detikINET
Barcelona -

Mobile World Congress 2020, pameran ponsel terbesar dunia di Barcelona, sudah di depan mata. Berbeda dari edisi sebelumnya, event itu dibayang-bayangi wabah virus corona. Apalagi banyak perusahaan asal China yang terlibat.

Seperti diketahui, jagat ponsel dunia saat ini dikuasai oleh produsen asal Negeri Tirai Bambu itu. Bahkan di edisi MWC sebelumnya, ada yang menjadi salah satu sponsor utama.

Tahun ini, dari Oppo, Vivo, Huawei, Xiaomi sampai ZTE dipastikan tetap menjadi lakon utama di MWC 2020 yang akan dimulai pada 24 Februari. Event itu akan dihadiri lebih dari 109 ribu orang dengan fokus pada konektivitas 5G.

Untuk mengantisipasi corona, para perusahaan itu dikabarkan membawa lebih sedikit kontingen dibandingkan tahun lalu. Sebagian staf juga sudah berada di Barcelona berminggu-minggu sebelumnya sebagai antisipasi jika ada larangan penerbangan dari China.

Kebijakan itu terutama berlaku pada para eksekutif yang akan tampil di event ataupun melakukan meeting penting. Setidaknya, mereka sudah tinggal di Barcelona dua minggu sebelum acara berlangsung.

ZTE telah membatalkan konferensi pers perangkat 5G. Sedangkan Huawei telah mengirimkan grup kecil untuk persiapan di Barcelona jauh-jauh hari.

Oppo menyebut bahwa kesehatan dan keamanan karyawannya merupakan prioritas utama. Adapun Xiaomi membatalkan keikutsertaan sebagian reporter asal China ke Barcelona.

Langkah paling drastis dilakukan oleh produsen asal Korea Selatan, LG. Mereka membatalkan partisipasi di MWC 2020 dengan alasan meminimalisir risiko pegawainya kena virus corona.



Simak Video "Usai Dinyatakan Negatif, Suspect Corona di Cibubur Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)