Rabu, 05 Feb 2020 12:32 WIB

Gegara Virus Corona, ZTE dan LG Mundur dari MWC 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
ZTE Gegara Virus Corona, ZTE dan LG Mundur dari MWC 2020 Foto: Reuters
Jakarta -

Mobile World Congress (MWC) 2020 seharusnya menjadi salah satu pameran gadget terbesar di dunia. Tapi sepertinya gelaran tahun ini akan menjadi lebih kecil setelah ZTE dan LG memutuskan mundur karena virus corona.

Dilansir detikINET dari The Verge, Rabu (5/2/2020) juru bicara ZTE mengatakan mereka akan membatalkan konferensi pers di MWC 2020. Pembatalan ini karena masalah penundaan visa dan waktu perjalanan.

Selain itu, mereka juga tidak ingin kedatangannya membuat pengunjung MWC 2020 menjadi tidak nyaman. "Kami cenderung menjadi perusahaan yang terlalu sopan, dan tidak ingin membuat orang merasa tidak nyaman," kata juru bicara ZTE.

LG Electronics juga membatalkan kehadiran dan partisipasi mereka di MWC 2020. Hal ini dilakukan agar pegawai LG tidak perlu melakukan perjalanan internasional, sesuatu yang telah dilarang oleh pakar kesehatan.

Sebagai gantinya, LG akan mengadakan event sendiri dalam waktu dekat untuk mengumumkan produk barunya yang akan diluncurkan di tahun 2020.

"Dengan mengutamakan keselamatan pegawai dan masyarakat umum, LG telah memutuskan untuk menarik diri dari MWC 2020 pada bulan ini di Barcelona, Spanyol," kata juru bicara LG dalam keterangan resminya.

"Keputusan ini akan mencegah ratusan karyawan LG untuk bepergian ke negara lain, seperti yang disarankan sebagian besar pakar kesehatan," sambungnya.

GSMA sebagai penyelenggara MWC 2020 mengatakan bahwa konferensi ini akan tetap berjalan sesuai rencana. Dalam keterangan resminya, GSMA mengatakan virus corona hanya memberikan dampak yang minimal kepada event ini.

GSMA juga telah menyiapkan beberapa langkah untuk mencegah penyebaran virus corona selama perhelatan MWC 2020. Beberapa di antaranya adalah program pembersihan dan disinfeksi yang ditingkatkan, pelatihan kepada staff, panduan kesehatan umum, dan menyarankan pengunjung untuk tidak berjabat tangan.

MWC 2020 rencananya diadakan pada akhir bulan Februari mendatang di Barcelona, Spanyol. Event ini biasanya dimanfaatkan oleh vendor-vendor ponsel dari Asia untuk memamerkan produk terbarunya di panggung global.



Simak Video "Tembus 1.800 Orang Tewas Akibat Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)