Selasa, 04 Feb 2020 10:58 WIB

MediaTek Luncurkan Dua Chipset Gaming Kelas Menengah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi MediaTek MediaTek Luncurkan Dua Chipset Gaming Kelas Menengah Foto: Ubergizmo
Jakarta -

MediaTek meluncurkan chipset gaming pertamanya, Helio G90, pada musim panas tahun 2019. Baru-baru ini, mereka meluncurkan penerusnya yang lagi-lagi dirancang untuk ponsel gaming kelas menengah.

MediaTek langsung menyiapkan dua penerus Helio G90 yang dideskripsikan sebagai premium tapi untuk mid-tier. Dua chipset tersebut dinamai Helio G70 dan Helio G80 yang memiliki spesifikasi lebih rendah dibanding pendahulunya.

Dilansir detikINET dari Android Police, Senin (3/2/2020) Helio G70 dan G80 dirancang dengan fabrikasi 12nm. Delapan intinya akan mengandalkan 2x Cortex-A75 dan 6x Cortex-A55 dengan clock speed hingga 1.8 GHz.

GPU yang digunakan Helio G70 dan G80 juga mengalami penurunan. Jika di Helio G90 menggunakan Mali G76, Helio G70 dan G80 akan menggunakan Mali G52 dengan clock speed 950 MHz.

Kedua chipset bisa dipasangkan dengan RAM hingga 8GB. Tapi saat ini belum diketahui perbedaan yang spesifik di antara Helio G70 dan G80.

Selain spesifikasi hardware di atas, MediaTek juga akan memberikan fitur-fitur yang sebelumnya ada di Helio G90 untuk kedua penerusnya. Misalnya saja fitur HyperEngine yang memungkinkan perpindahan secara otomatis antara Wi-Fi dan LTE dengan cepat dan manajemen daya yang meningkat antara CPU, GPU dan RAM.

Fitur di atas tentu saja berguna untuk gameplay yang lebih optimal dan mencegah interupsi berlebih. Selain fitur untuk gaming, ada juga fitur seperti voice-on-wakeup, dukungan multi-camera dan EIS.

Saat ini belum diketahui ponsel apa yang akan menggunakan dua chipset anyar dari MediaTek ini. Helio G90 sendiri sebelumnya digunakan untuk mentenagai Redmi Note 8 Pro yang masuk ke pasar Indonesia menjelang akhir tahun lalu.



Simak Video "Mengenal Lebih Dalam Prosesor Terbaru iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)