Senin, 27 Jan 2020 14:30 WIB

Tak Cuma Samsung, Google Juga Siapkan Pesaing AirDrop

Virgina Maulita Putri - detikInet
Tak Hanya Samsung, Google Juga Siapkan Pesaing AirDrop Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Baru-baru ini Samsung dikabarkan sedang menyiapkan pesaing Apple AirDrop untuk memungkinkan transfer file antar perangkat tanpa menggunakan koneksi internet. Selain vendor asal Korea Selatan tersebut, Google juga sedang menyiapkan fitur yang sama.

Dilansir detikINET dari Mashable, Senin (27/1/2020) kabar ini sebenarnya sudah tersebar sejak beberapa waktu yang lalu. Tapi kali ini sudah ada bukti konkret yang menunjukkan bagaimana fitur buatan Google tersebut bekerja.

Fitur yang dikembangkan oleh Google ini diberi nama Nearby Sharing. XDA Developers pun menunjukkan cara kerja fitur ini lewat video hands-on.

[Gambas:Youtube]

Dalam video tersebut, fitur Nearby Sharing didemonstrasikan menggunakan Google Pixel 2 XL dan Pixel 4 yang menjalankan Android 10. Tapi fitur tersebut juga bisa digunakan untuk mengirim file antara OnePlus 7T Pro dengan Pixel 2 XL.

Artinya, fitur ini tidak eksklusif hanya untuk ponsel Pixel saja. Semua perangkat Android yang memiliki Google Play Services kemungkinan besar bisa mencicipi fitur ini.

Cara kerja Nearby Sharing terbilang sama dengan AirDrop. Kalian bisa memilih perangkat kalian bisa dilihat oleh semua kontak Google, beberapa kontak spesifik saja atau tersembunyi.

Kalian juga bisa memilih bagaimana penggunaan data untuk transfer data, apakah menggunakan data, Wi-Fi atau tanpa internet sama sekali. Untuk opsi terakhir, perangkat kalian akan mengandalkan Bluetooth dan GPS untuk mencari perangkat lain yang berada dalam jarak dekat.

Untuk berbagi file kalian cukup memilih file yang diinginkan, pilih opsi Share atau Bagikan lalu pilih opsi Share nearby. Perangkat pengirim data akan membutuhkan waktu untuk mencari perangkat yang kompatibel.

Setelah perangkat yang kompatibel berhasil dideteksi, klik nama atau ikon perangkat tersebut. Klik Share di perangkat pengirim dan Accept di perangkat penerima untuk memulai proses transfer data. Dalam video tersebut, proses transfer berjalan dengan sangat cepat dan data yang diterima masuk di dalam folder 'Nearby Sharing'.

Video demonstrasi tersebut juga menekankan fitur Nearby Sharing hanya bisa digunakan jika kedua perangkat berjarak sekitar 1,5 meter. Artinya ini bisa mengurangi potensi masalah yang sering dihadapi AirDrop yaitu menerima konten yang tidak diinginkan dari orang lain.

Belum diketahui kapan Google akan menggulirkan fitur Nearby Sharing. Tapi perusahaan yang bermarkas di Mountain View, AS ini akan menggelar event I/O 2020 pada 12-14 Mei mendatang, jadi kemungkinan fitur ini akan dipamerkan di event tersebut.

Tak Cuma Samsung, Google Juga Siapkan Pesaing AirDrop


Simak Video "Google Akui Orang Indonesia Doyan Ngobrol dengan Asistennya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)