Jumat, 17 Jan 2020 12:34 WIB

Google Pixel 4a Bakal Dukung 5G

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa/OnLeaks
Jakarta - Rumor mengenai Google Pixel 4a sudah menyebar sejak lama, dari mulai desain sampai spesifikasi. Kini muncul rumor kalau Pixel murah itu bakal punya varian yang mendukung jaringan 5G.

Rumor tersebut menyebut bakal ada tiga varian dari Pixel 4a dari pilihan prosesor. Dan salah satu di antaranya bakal mendukung jaringan 5G.

Rumornya sendiri berasal dari laporan XDA Developers, yang membongkar kode di Android Open Source Project (AOSP) dan menemukan tiga nama kode yang diduga bakal menjadi kode Pixel 4a. Kode tersebut adalah Sunfish, Redfin, dan Bramble.

Memang, jika dilihat sejarahnya, semua perangkat Pixel -- dan Nexus -- selalu menggunakan kode nama yang berasal dari nama ikan. Maka dari itulah, ketiga nama yang muncul itu diasumsikan menjadi kode nama untuk Pixel 4a.


Sunfish, dari barisan kode AOSP, disebut bakal menggunakan 'sm7150 platform' alias Snapdragon 730. Chip ini sudah ada sejak lebih dari setahun lalu dan sudah lazim dipakai di perangkat kelas menengah, dan tidak mendukung koneksi 5G.

Lalu Redfin dan Bramble disebut bakal memakai chip Snapdragon 765, yang merupakan chip lebih baru dengan performa lebih tinggi. Bahkan performanya mendekati Snapdragon 845 yang menjadi chip flagship untuk 2018. Dan chip ini terintegrasi dengan modem 5G.

Dari rumor ini, jika benar, tampaknya varian dengan Snapdragon 765 bakal terlihat lebih menarik dan 'future proof' ketimbang varian Snapdragon 730. Namun untuk kepastiannya, kita harus menunggu sampai Google benar-benar merilis Pixel murah ini, yang kemungkinan bakal dirilis pada ajang Google I/O 2020 Mei mendatang.

Google Pixel 4a Bakal Dukung 5G


Simak Video "Napak Tilas Kisah Budaya hingga Kelestarian Bumi Lewat Google Earth"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)