Senin, 13 Jan 2020 06:31 WIB

Selama 13 Tahun, Apple Jual 2 Miliar iPhone

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - iPhone telah berusia 13 tahun. Sejak saat itu hingga sekarang, diperkirakan sudah sekitar dua miliar unit iPhone dari berbagai model terjual.

Steve Jobs yang tak lain adalah pendiri Apple, memperkenalkan iPhone generasi awal di ajang MacWorld di San Francisco, Amerika Serikat, pada 9 Januari 2007 silam. Ketika itu, iPhone dijual dengan harga USD 499 untuk model 4 GB dan USD 599 buat model 8 GB.

Selanjutnya, seperti dikutip dari GSM Arena, Apple terus memperkenalkan iPhone terbarunya. iPhone 11 menjadi seri terbaru iPhone yang diperkenalkan Apple pada September 2019.



Selain hadir menggebrak dunia gadget, iPhone juga sering dilabeli sebagai ponsel mahal. Kendati harganya selangit, para Apple Fanboy, begitu sapaan penggemar produk Apple, terus memburu iPhone.

Sejauh ini perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat ini belum mengeluarkan data resmi pencapaian iPhone selama 13 tahun terakhir. Namun, berdasarkan delapan analisis pasar terpercaya, meyakini Apple telah menjual iPhone di angka hampir dua miliaran unit.

Pada periode 2015-2018, penjualan iPhone secara keseluruhan menurun dengan pendapatan USD 275 miliar. Di sisi lain, disebutkan bahwa pendapatan dari App Store, Apple Pay, dan Apple Music mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Sementara itu, selama tahun fiskal 2020, Apple berada di jalur penjualan 195 juta unit. Pencapaian tersebut lebih baik dari perkiraan yang hanya 186 juta unit. Bila penjualan iPhone tak ada masalah, total penjualan iPhone dari debut perdananya bisa mencapai 1,9 miliar unit.



Ditambah kalau Apple mendatangkan iPhone selanjutnya dengan harga murah dan yang sudah mendukung jaringan 5G, tak menutup kemungkinan laju penjualan iPhone terus meningkat.

Simak Video "Catat! Ini Tanggal Resmi iPhone 11 Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)