Jumat, 10 Jan 2020 11:04 WIB

Sempat Terpuruk, iPhone Mulai Tokcer di China

Agus Tri Haryanto - detikInet
iPhone 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET iPhone 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sempet terpuruk di periode sebelumnya, Apple kembali menuai pertumbuhan pengiriman smartphone miliknya di pasar China. Adalah iPhone 11 yang bikin Apple tokcer di negeri Tirai Bambu.

Sebagaiman laporan dari Bloomberg mengutip data China Academy of Information and Communication Technology (CAICT), Apple terpantau mengalami peningkatan pengapalan iPhone di China sebesar 18,7% dari tahun ke tahun.



Itu artinya, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu berhasil menjual sekitar 3,18 juta unit iPhone di pasar China. Sebelumnya, Apple sempat terpuruk karena hanya tumbuh 6% dari tahun ke tahun untuk periode September dan Oktober.

Dari laporan tersebut, terungkap bahwa 'aktor penting' dalam lonjakan pertumbuhan pengapalan Apple di China ini berkat kedatangan iPhone 11, yang diperkenalkan Apple pada September lalu.

Bagi Apple, China merupakan pasar terbesar kedua terbesar bagi mereka setelah Amerika Serikat. Dari laporan yang sama pula, terlihat total 389 juta smartphone yang dikapalkan untuk pasar China pada 2019, 13 juta di antaranya sudah mendukung jaringan 5G.



Ke depan, pengiriman iPhone akan menurun seiring dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap ponsel 5G. Namun Apple sendiri belum menunjukkan tanda akan kehadiran iPhone 5G di masa mendatang.

Simak Video "Catat! Ini Tanggal Resmi iPhone 11 Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)