Kamis, 09 Jan 2020 20:16 WIB

Bos BlackBerry Ungkap Penyebab Bisnis Ponsel Kandas

Fino Yurio Kristo - detikInet
John Chen. Foto: REUTERS/Chris Wattie
Jakarta - Memang sudah cukup lama berlalu sejak BlackBerry jadi penguasa smartphone dunia. Tapi kisahnya yang menyakitkan, jatuh melawan iPhone dan Android, kadang masih dibahas. Termasuk oleh CEO BlackBerry sendiri.

BlackBerry yang sekarang fokus pada bisnis keamanan ini dulu adalah idola saat menelurkan ponsel dengan keyboard fisik qwerty serta layanan BlackBerry Messenger. Sayang mereka kurang waspada akan kedatangan deretan smartphone pesaing yang lebih menawan.

CEO BlackBerry, John Chen, menilai iPhone dan deretan ponsel Android sebenarnya tidak lebih baik dari BlackBerry. Apalagi jika sudah menyangkut soal keamanan.


"Kami dulu mulai diserang oleh Apple dan Google. Mereka bukanlah ponsel yang lebih baik. Mereka tentunya tidak sama keamanannya," kata Chen, dikutip detikINET dari Telegraph.

"Akan tetapi di sisi lain, mereka adalah ponsel yang diinginkan orang. Anda tak bisa berargumentasi dengan apa yang orang inginkan. Anda bisa berkata hal itu tidak logis. Namun itulah yang mereka mau," cetusnya.

iPhone dan Android datang dengan layar sentuh besar yang ternyata disukai orang. Belum lagi dukungan aplikasi berlimpah. BlackBerry pun kewalahan.
Selanjutnya
Halaman
1 2