Selasa, 07 Jan 2020 15:38 WIB

CES 2020

Intel Pamer GPU Diskret Pertamanya, Yaitu DG1

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters/Tyrone Siu
Jakarta - Ajang CES 2020 dimanfaatkan Intel untuk memamerkan GPU diskret pertama mereka, yaitu DG1, setelah bertahun-tahun 'hanya' berfokus pada sektor CPU.

Sayangnya, Intel belum mengungkap informasi apapun soal DG1 utamanya soal spesifikasinya. Mereka hanya memamerkan DG1 yang dipakai memainkan Destiny 2.

DG1 dibuat menggunakan arsitektur Xe, sama dengan arsitektur chip grafis terintegrasi yang bakal dipakai di prosesor 10nm Tiger Lake -- yang juga dipamerkan di CES 2020. Arsitektur ini menurut Intel bakal menghasilkan performa grafis dua kali lebih kencang ketimbang chip generasi sebelumnya.

Tom's Hardware berspekulasi kalau GPU DG1 ini pada awalnya hanya akan menjadi versi diskret dari GPU terintegrasi yang ada di Tiger Lake. Namun meski begitu, hal ini bakal tetap menguntungkan karena Intel bisa saja menggabungkan kinerja GPU diskret ini dengan GPU yang terintegrasi di CPU untuk mendapat performa yang lebih tinggi.


Intel sejak lama memang bermasalah dengan ketiadaan GPU diskret buatannya sendiri. Bahkan pada 2018 lalu Intel sampai bekerja sama dengan AMD yang merupakan rivalnya untuk mengkombinasikan GPU AMD dengan prosesor Core i5 milik Intel, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (7/1/2020).

Intel belum mengungkap kapan DG1 akan mulai dipakai di perangkat-perangkat PC yang dilepas ke pasaran. Namun mereka menyebut chip Tiger Lake dengan GPU terintegrasi Xe bakal mulai dikapalkan pada 2020 ini, sementara pada OEM akan mulai menerima kiriman chip tersebut pada musim panas mendatang.

Simak Video "Intel Daftarkan Lisensi Khusus Demi Pasok Huawei"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)