Alienware Bikin PC Gaming Berbentuk Mirip Nintendo Switch

Alienware Bikin PC Gaming Berbentuk Mirip Nintendo Switch

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 07 Jan 2020 14:57 WIB
Foto: Dok. Dell
Jakarta - Alienware memamerkan perangkat unik di CES 2020, yaitu Concept UFO, sebuah prototipe PC gaming dengan bentuk mirip Nintendo Switch.

Saking miripnya, perangkat ini juga mempunyai kontroler yang bisa dilepas serta docking untuk menghubungkan perangkat ini ke monitor ataupun PC, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (7/1/2020).

Concept UFO terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian utamanya, yang menyerupai tablet dengan ukuran layar 8 inch 1200p, baterai, dan tentunya CPU serta GPU. Lalu ada dua kontroler yang terhubung dengan bagian utamanya memakai sistem rel magnet.

Ketiga adalah sebuah hub untuk menghubungkan kontroler kiri dan kanan saat dilepas dari bagian utamanya, dan berfungsi sebagai kontroler saat layarnya tak terpasang, atau bisa juga saat layarnya terhubung ke monitor eksternal.


Pada bagian atas dan bawahnya masing-masing ada sebuah port USB-C, yang bisa difungsikan untuk mengisi daya sekaligus menghubungkannya ke monitor eksternal. Dan karena Concept UFO berbasis Windows 10, maka pengguna juga bisa menghubungkan mouse dan keyboard ke port ini dan memfungsikannya sebagai PC biasa.

Meski punya desain mirip Switch, Concept UFO punya bobot yang jauh lebih berat, yaitu hampir 1 Kg atau 3 kali lebih berat ketimbang Switch.

Pada prototipe yang dipamerkan di CES 2020, perangkat ini bisa dipakai untuk memainkan sejumlah game seperti Rocket League, F1 2019, dan Mortal Kombat 11. Meski kualitas grafisnya bukan yang terbaik, setidaknya gameplaynya terbilang bebas lag.

Alienware menggunakan launcher custom yang berjalan di atas Windows 10. Namun sayangnya mereka menolak membeberkan spesifikasi Concept UFO ini secara lengkap, dan saat ini pun ini masih berupa perangkat prototipe, yang tak diketahui kapan akan dirilis dan bisa dibeli oleh konsumen.

Simak Video "Strategi Dell Bawa Laptop Premium ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)