Senin, 06 Jan 2020 17:04 WIB

CES 2020

Legion BoostStation, Casing Kartu Grafis Eksternal dari Lenovo

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Lenovo
Jakarta - Lini perangkat gaming Lenovo yang bernama Legion kedatangan perangkat baru, yaitu casing untuk kartu grafis eksternal (eGPU) yang bernama Legion BoostStation.

Di ajang CES 2020, Las Vegas, Amerika Serikat, Lenovo memamerkan jajaran produk barunya, termasuk produk baru di lini Legion. Salah satu produk yang dipamerkan itu adalah BoostStation eGPU.

Perangkat ini menyerupai sebuah casing komputer berbentuk kecil yang terhubung dengan laptop melalui port Thunderbolt 3. Tujuannya penggunaan perangkat ini adalah memanfaatkan kartu grafis desktop dengan panjang maksimal 320mm untuk meningkatkan performa gaming di laptop.

Namun berbeda dibanding casing eGPU lain, BoostStation juga bisa dipasangi storage tambahan, baik SSD maupun HDD dengan ukuran 2,5 inch ataupun 3,5 inch. Ada juga tambahan port seperti HDMI, 2x USB 3.1, 1x USB 2 dan ethernet.


Bersama dengan BoostStation, Lenovo pun merilis laptop anyar untuk dipasangkan dengan casing eGPU tersebut. Laptop tersebut adalah Legion Y740S, sebuah laptop 'gaming' yang mempunyai bodi cukup tipis (14,9mm) dengan spek yang mumpuni untuk memainkan game terbaru.

Kata gaming diberi tanda kutip karena laptop ini tak dilengkapi dengan kartu grafis yang mumpuni, melainkan hanya kartu grafis onboard bawaan prosesor Intel-nya. Artinya, laptop ini harus dipasangkan dengan BoostStation untuk bisa disebut sebagai laptop game.

Legion BoostStation, Casing Kartu Grafis Eksternal dari LenovoFoto: Dok. Lenovo

Selain itu, untuk sebuah laptop yang bisa dipasangkan dengan kartu grafis kelas berat (lewat BoostStation) monitornya hanya mempunyai refresh rate 60Hz, yang artinya sekencang apa pun GPU-nya, pengguna hanya bisa mendapatkan frame rate 60fps. kecuali jika pengguna menggunakan monitor eksternal dengan refresh rate tinggi.

Meskipun tipis, Y740S ini punya bobot yang terbilang berat, yaitu mencapai 1,9Kg. Lalu baterai 60Wh-nya bakal kesulitan untuk memberi daya ke prosesor Core i seri H yang haus daya dalam waktu lama, meski Lenovo mengklaim daya tahannya bisa mencapai 8 jam.


Spek Y740S adalah RAM dengan kapasitas maksimal 32GB, dan SSD maksimal 1TB. Pilihan portnya cukup komplit, 2 USB 3.1 Gen 2, sebuah SD card reader, port audio 3,5 mm, dan dua buah Thunderbolt. Sementara pilihan layarnya adalah 1080p atau 4K dengan ukuran layar 15,6 inch. Keduanya punya refresh rate 60Hz.

Kedua produk ini bakal tersedia mulai Mei mendatang dengan harga mulai USD 1099 untuk Y740S dan USD 249 untuk BoostStation.

Simak Video "Duh! Wakil Presiden Iran Positif Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)