'Radiasi iPhone Tak Lewati Batas'

'Radiasi iPhone Tak Lewati Batas'

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 27 Des 2019 08:58 WIB
Foto: Issei Kato/Reuters
Jakarta - Agustus lalu muncul laporan dari Chicago Tribune yang menyebutkan sejumlah ponsel Apple dan Samsung memancarkan radiasi yang melewati batas. Namun laporan ini ditepis oleh FCC.

FCC adalah Federal Communication Commission, badan milik pemerintah Amerika Serikat yang menguji perangkat-perangkat yang beredar di pasaran. Dan dalam pengujian terakhir mereka, radiasi yang dipancarkan oleh ponsel buatan Apple dan Samsung masih ada pada batas normal.

Apple sendiri sebelumnya sudah mengeluarkan pernyataan resminya terkait radiasi ini, yang menyebut semua model iPhone termasuk iPhone 7 sudah memenuhi aturan dari FCC dan bermacam badan milik negara lain di mana iPhone dijual.

"Setelah meninjau dan memvalidasi ulang semua model iPhone yang diuji (oleh Chicago Tribune), kami mengkonfirmasi kalau semuanya sudah memenuhi syarat," tulis Apple.


Sebelumnya diberitakan, Firma hukum FeganScott asal Amerika Serikat menggugat Apple dan Samsung dalam dua class action yang berbeda namun dengan gugatan yang sama, yaitu karena ponsel tertentu dari dua perusahaan itu memancarkan radiasi yang terlalu besar.

Gugatan ini didaftarkan setelah FeganScott menyewa sebuah laboratorium yang sudah diakreditasi oleh FCC untuk mengkonfirmasi tingkat radiasi dari radio frequency (FR) yang dipancarkan oleh sejumlah ponsel buatan Apple dan Samsung telah melewati batas legal yang sudah ditetapkan oleh FCC.

Dalam keterangan pers yang dirilis FeganScott, pada jarak 2mm, baik iPhone 8 dan Galaxy S8 memancarkan radiasi RF yang dua kali lipat lebih besar dibanding batas legalnya. Pada jarak 0 mm, radiasi yang dipancarkan iPhone 8 bahkan mencapai 5 kali lipat lebih besar dari batasan, dan Galaxy S8 3 kali lipat lebih besar.


Chicago Tribune juga mempublikasikan sebuah investigasi yang menunjukkan hasil serupa. Dalam investigasi tersebut, mereka menyebut 4 unit iPhone 7 yang diuji melewati batasan pancaran radiasi, dan iPhone bukan satu-satunya ponsel yang diuji dalam investigasi tersebut.

Hasil tes Galaxy S8 pun terbilang menakutkan. Batasan paparan radiasi yang diizinkan oleh FCC adalah 1,6 watt/kg, sementara Galaxy S9 -- pada jarak 2mm -- memancarkan radiasi mencapai 8,22 watt/kg.


'Radiasi iPhone Tak Lewati Batas'
(asj/asj)