OPPO Dorong Jaringan 5G di Negara Asia Pasifik

Laporan dari Malaysia

OPPO Dorong Jaringan 5G di Negara Asia Pasifik

Moch Prima Fauzi - detikInet
Selasa, 17 Des 2019 19:40 WIB
Foto: Moch Prima Fauzi
Jakarta - Oppo Baru saja meresmikan markas baru bernama APAC Hub Center di Kuala Lumpur, Malaysia. Hadirnya markas baru ini, bakal mendorong negara-negara di kawasan Asia Pasifik untuk menggelar jaringan internet cepat 5G.

Sebagaimana diketahui Oppo telah membentuk tim standar 5G sejak 2015 dengan mengaplikasikan lebih dari 2.500 paten global di 20 negara. Oppo juga meluncurkan 5G Landing Project yang menjadi inisiatif pergelaran 5G bersama mitra kerja sama.

Menurut Chief 5G Scientist Oppo, Henry Tang, hadirnya jaringan generasi kelima ini bakal membawakan layanan baru dan juga memperkuat inovasi serta teknologi Oppo.


"Dengan teknologi 5G yang semakin dewasa dan peningkatan pada big data, komputasi awan, dan kapabilitas kecerdasan buatan, kami akan membuat ruang yang luas untuk pembangunan berkelanjutan pada teknologi ini, yang akan mengarah kepada produk-produk dan layanan baru. Pada awal kedatangan teknologi 5G di tahun 2020, Oppo akan memperkuat inovasi pada teknologi 5G untuk membawa pengalaman lebih baik kepada pengguna global," ujarnya, di Oppo Strategic Launch, Kuala Lumpur, Malaysia (16/12/2019).

Meski demikian dijelaskan PR Manager Oppo Indonesia, kehadiran 5G di negara Asia Pasifik bakal tergantung pada masing-masing negara. Sebab saat ini beberapa negara ada yang sudah melakukan uji coba, ada pula yang sudah memiliki ketetapan soal jaringan 5G.

"Tapi ini kan masih tergantung masing-masing negara, apakah negara tersebut mau dibantu untuk percepatan sama Oppo atau nggak, karena masing-masing punya kebijakan sendiri-sendiri," ujarnya selepas acara.

"Ada yang sudah uji jaringan ada yang sudah punya ketetapan band yang dipakai, ada yang sudah punya ketetapan bagaimana perangkat ini masuk, segala macam," imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Senior Manajemen Produk di Qualcomm Technologies, Jim Tran mengatakan, ke depan Oppo akan menjadi salah satu inovator dalam jaringan 5G. Ia percaya kolaborasi Qualcomm dengan Oppo bakal membawa produk-produk baru untuk memberikan pengalaman seluler yang luar biasa.

"Bersama Oppo, kami menghargai nilai kolaborasi yang sudah terjalin lama antar kedua perusahaan dan berbagi semangat yang sama dalam hal inovasi. Pada tahun 2020, kami sepenuhnya mendukung Oppo dengan produk-produk barunya untuk memberikan pengalaman seluler yang luar biasa dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di era 5G," kata Jim.

Sebagaimana diketahui, Qualcomm bekerja sama dengan Oppo untuk melengkapi platform Mobile Snapdragon 865 terbaru dalam perangkat flagship premium. Untuk mendukung penyebaran awal 5G di Asia Pasifik Qualcomm juga melengkapi Modem Snapdragon X50 5G pada perangkat Oppo 5G CPE T1.


Sebagai salah satu daerah yang paling dinamis dari segi ekonomi dunia, Asia Pasifik diharapkan dapat menawarkan peluang baru untuk pengembangan 5G dan pembangunan ekosistem konektivitas cerdas.

Untuk mendorong percepatan teknologi di kawasan ini, Oppo akan fokus pada penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi. Oppo juga akan memperkuat tim regionalnya dan meningkatkan kemampuan dalam meraih peluang industri dengan para mitra.



Simak Video "Pertama di Dunia! Penampakan Ponsel OPPO dengan Layar Gulung"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)