OPPO Libatkan Tiga Perusahaan Teknologi Demi Garap 5G

OPPO Libatkan Tiga Perusahaan Teknologi Demi Garap 5G

Moch Prima Fauzi - detikInet
Sabtu, 14 Des 2019 15:02 WIB
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta - OPPO tampak serius dalam membawa jaringan internet tercepat 5G ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan asal China ini diketahui telah menggandeng beberapa perusahaan teknologi untuk mewujudkan hal tersebut.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (14/12/2019), setidaknya ada tiga perusahaan yang digandeng OPPO demi melancarkan ketersediaan jaringan 5G.

Pada bulan September lalu, OPPO mengumumkan pembentukan laboratorium komunikasi bersama dengan Keysight Technology Inc, untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan perangkat pintar 5G. Keysight adalah perusahaan teknologi yang membantu enterprise, penyedia layanan dan government accelerate untuk inovasi menghubungkan dan mengamankan jaringan di dunia.

Laboratorium yang digunakan untuk uji jaringan 5G tersebut didirikan bersama Keysight di Shenzen, China. Lab baru ini menggunakan platform 5G Keysight untuk membantu memverifikasi kinerja desain radio baru 5G (NR). Keysight akan membantu produsen ponsel pintar yang berbasis di China tersebut untuk memperluas ke pasar global.


Produksi chipset dan ekosistem perangkat selulernya menggunakan platform Keysight's 5G NR, yang sesuai dengan standar 3GPP 5G NR terbaru, untuk mempercepat pengembangan, validasi, dan penerimaan operator. Platform ini mendukung frekuensi sub-6GHz, mmWave, dan over-the-air (OTA).

Pada 29 November 2018, OPPO menggunakan Keysight Network Emulation Solution 5G NR berbasiskan UXM untuk membuat panggilan video 5G, menjadikan koneksi sinyal dan data 5G pertama di dunia pada perangkat telepon seluler OPPO yang sudah tersedia secara komersial.

Selanjutnya, OPPO juga mengumumkan pendirian laboratorium bersama 5G dengan Ericsson, yakni perusahaan penyedia teknologi dan layanan komunikasi. Kerja sama ini untuk memperdalam kerja sama pada pengembangan 5G.

OPPO dan Ericsson bersama-sama mempromosikan kerja sama global dan pertukaran teknologi, serta menggunakan laboratorium bersama ini untuk berbagi pengembangan teknologi 5G. Keduanya juga mengoptimalkan produk dan memberikan pengalaman pada jaringan 5G, dan mempercepat penyebaran 5G di seluruh dunia. Laboratorium tersebut didirikan di Shenzen, China.


Sejak kuartal ketiga 2018, OPPO dan Ericsson diketahui telah menjalankan tes 5G bersama pada handset 5G OPPO dan infrastruktur 5G Ericsson dengan mitra operator lokal di Swedia, Jerman dan Cina. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat ketersediaan komersial produk 5G. Disusul pada Februari 2019, Ericsson dan OPPO menandatangani perjanjian lisensi paten global.

Jaringan internet cepat 5G pun dapat dirasakan masyarakat Eropa dengan kehadiran Reno 5G. Ini merupakan smartphone 5G komersial pertama yang tersedia di Benua Biru. Dalam hal ini, OPPO bekerja sama dengan Swisscom dan telah menghadirkannya pada Mei 2019 lalu.

Sekadar diketahui, Reno 5G adalah perangkat berbasis Reno 10x Zoom dengan fitur kamera belakang 10x hybrid zoom. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 855, penyimpanan 8GB + 256GB, dan baterai 4.065mAh.

Pada Oktober 2019, Reno 5G telah diluncurkan di banyak pasar luar negeri termasuk Swiss, Inggris, Italia, Uni Emirat Arab dan Australia. OPPO juga berencana memperluas pasarnya secara global. (prf/fay)