Sabtu, 14 Des 2019 07:01 WIB

Galaxy Fold Punya eSIM, Bisa Dipakai di Indonesia?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - LayaknyaiPhone 11,Galaxy Fold yang dirilis di Indonesia mendukung eSIM. Tapi apakah bisa digunakan di sini?

Pertanyaan tersebut coba disodorkan Product Marketing Manager Samsung Mobile Taufiq Furqan. Dia mengatakan saat ini eSIM di ponsel tersebut belum bisa digunakan. Tapi Samsung tengah menjalin diskusi dengan operator, agar eSIM di ponsel layar lipatnya bisa termanfaatkan.


"Sekarang lagi diskusi, jadi memang belum bisa official langsung. So far yang sudah siap kan Smartfren. Kalau misalnya sudah bisa digunakan nanti akan kami umumkan," kata Taufiq saat acara peluncuran Galaxy Fold di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Di tempat terpisah, Deputy CEOSmartfren Djoko Tata Ibrahim coba dimintai tanggapan terkait kemungkinan kerjasama eSIM dengan Samsung. Dia mengatakan mengatakan Smartfren memang bukan terbesar di Indonesia, namun pihaknya terdepan dalam teknologi.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata IbrahimDeputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim Foto: (Adi Fida Rahman/detikcom)
Dia mencontohkan saat 4G, merekalah yang pertama yang mengomersialkan. Hal yang sama dengan eSIM, Smartfren menjadi pelopornya di Tanah Air.

"Smartfren pelopor eSIM di Indonesia, kami yang pertama. Sejak hadirnya iPhone XR hingga sekarang. Jadi kami tahu bagaimana menemukan link antara eSIM dan handphonenya.

Berdasarkan itu pula Djoko memastikan kalau pihaknya siap mendukung layanan eSIM untuk Galaxy Fold.


"Dengan Samsung, kami sudah coba adu engine dengan mereka punya sistem supaya bisa pakai eSIM. Mudah-mudaham nanti kita bisa mendukung eSIM di perangkat Samsung di kemudian hari," kata Djoko saat ditemui usai peluncuran Paket Internet Unlimited Smartfren di Jakarta.

Lantas udah ada pembicaraan? "Baru liat secara teknologi saja. Tapi kami sudah banyak kerjasama dengan Samsung, kami buat unlimited sendiri untuk mereka. Kami dan Samsung memang akrab untuk keeksplor semua kemungkinan," terang Djoko.

Simak Video "iPhone 11 Mendarat, Smartfren Targetkan 200 Ribu Pengguna eSIM Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)