Deretan Smartphone OPPO yang Sudah Cicipi Jaringan 5G

Deretan Smartphone OPPO yang Sudah Cicipi Jaringan 5G

Moch Prima Fauzi - detikInet
Jumat, 13 Des 2019 16:05 WIB
Foto: Dok. OPPO Indonesia
Jakarta - OPPO telah melakukan sejumlah uji coba penerapan jaringan 5G di beberapa perangkat smartphone-nya. Di Indonesia, OPPO melakukan uji coba dengan menggandeng operator Telkomsel di Batam November kemarin.

Untuk mencoba jaringan tercepat itu, tentunya diperlukan smartphone. OPPO sendiri sudah memiliki perangkat yang siap membawa jaringan 5G kepada konsumen. Apa saja?

Sebelum meluncurkan secara resmi perangkat smartphone 5G, OPPO telah melakukan beberapa penelitian dan pengembangan serta pengujian teknologi dengan membuat prototipe perangkat 5G. Pada bulan Agustus 2018, OPPO membuat prototipe versi R15 5G, yang membuka koneksi sinyal dan data 5G di China untuk pertama kalinya. Di bulan Oktober, OPPO kemudian mencoba internet 5G untuk pertama kalinya.


Selanjutnya pada Desember 2018, OPPO memperkenalkan prototipe OPPO Find X 5G yang mendukung n41 untuk pertama kalinya. Smartphone ini memiliki koneksi dual-band N78, dengan kinerja 5G yang baik dengan kemampuan komunikasi yang lengkap.

Setelah melakukan serangkaian uji coba, OPPO lantas mulai memasarkan perangkat 5G di Eropa pada 2019. Di bulan April, OPPO mengadakan konferensi pers di Zurich, Swiss, dan secara resmi meluncurkan versi Reno 5G di Benua Biru tersebut. Ini adalah perangkat komersial 5G pertama yang dirilis resmi oleh OPPO.

Ini Deretan Smartphone OPPO yang Sudah Cicipi Jaringan 5GFoto: Dok. OPPO Indonesia

Reno 5G menggunakan prosesor Snapdragon 855 dan modem X50 dan dapat mendukung jaringan 5G/4G/3G/2G. Pada bulan Mei, smartphone ini secara resmi diluncurkan di Swiss. Pada Oktober 2019, Reno 5G telah diluncurkan di banyak pasar luar negeri termasuk Swiss, Inggris, Italia, Uni Emirat Arab dan Australia.


"OPPO melakukan banyak uji coba dengan jaringan 5G, mulai dari panggilan dengan 3D Structured Light, live pada aplikasi Weibo pada MWC 2019 dan melakukan uji panggilan VoIP pertama di Indonesia. Kesemua ini menunjukkan keseriusan OPPO dalam turut serta mempercepat pengadopsian jaringan 5G di dunia," ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto kepada detikINET, Jumat (13/12/2019).

Sementara pada Juni lalu, Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi China secara resmi mengeluarkan lisensi 5G. Perangkat smartphone 5G OPPO juga lulus tes dari Pusat Pengawasan dan Pemeriksaan Kualitas Produk Radio Nasional (SRRC) dan Laboratorium Lisensi China (CTA), yang memastikan perangkat smarthone OPPO 5G telah memasuki fase penggunaan komersial di China.

Rencananya OPPO akan meluncurkan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan chip 5G mode ganda Qualcomm sebelum akhir tahun ini. Smartphone ini juga mendukung jaringan 5G SA dan NSA. (prf/fay)