Apple Rilis Mac Pro dan Monitor Baru, Harganya?

Apple Rilis Mac Pro dan Monitor Baru, Harganya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 11 Des 2019 16:46 WIB
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Apple merilis dua produk baru, yaitu Mac Pro yang harganya mulai dari USD 5.999 atau sekitar Rp 84 juta dan Pro Display XDR yang harganya mulai USD 5.000 atau sekitar Rp 70 juta.

Mac Pro varian termurah menggunakan CPU Intel Xeon 8 core, GPU Radeon Pro 580X, RAM 32 GB, dan SSD 256 GB. Apple mendesain produk barunya ini secara modular, sehingga pengguna bisa memilih spesifikasi sesuai keinginannya, dan harga untuk spek tertingginya adalah lebih dari USD 50 ribu.

Monitor barunya yang bernama Pro Display XDR punya resolusi 6K dan layar berdiagonal 32 inch. Dengan harganya yang mulai dari USD 5.000 itu, Apple bahkan menyertakan dudukan kaki untuk monitor ini.

Pembelinya harus membeli Apple Pro Stand secara terpisah seharga USD 1.000, atau adapter VESA mount seharga USD 199 untuk menggunakan stand monitornya sendiri, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (11/12/2019).


Kedua perangkat ini pertama diumumkan pada Juni lalu, tepatnya di ajang WWDC 2019. Mac Pro anyar ini menggantikan Mac Pro 2013 yang mempunyai bentuk unik seperti tempat sampah.

Monitor baru butuh lap khusus
Salah satu varian dari Pro Display XDR mempunyai lapisan layar yang disebut sebagai 'nano texture' oleh Apple. Varian ini mempunyai harga USD 1000 lebih mahal dibanding versi termurahnya.

Dan dengan harga setinggi itu, Pro Display XDR 'nano texture' ini membutuhkan lap khusus untuk membersihkan permukaan layarnya dari debu. Anda tak bisa menggunakan lap microfiber biasa untuk mengelap permukaan monitor tersebut.

Larangan ini diungkap Apple dalam dokumen dukungan untuk Pro Display XDR, yang menyebut pengguna harus memakai kain lap yang diberikan Apple dalam paket penjualannya. Alasan pelarangan ini belum diungkap oleh Apple, namun kemungkinan hal ini terjadi karena penggunaan lapisan kaca 'nano texture' di monitor tersebut.

'Nano texture' adalah istilah Apple untuk lapisan kaca matte, atau tak mengkilap, di monitor tersebut. Menurut Apple, lapisan tersebut sengaja dibuat mempunyai tekstur khusus yang dibuat dengan tingkat ukuran nano meter. Tujuannya untuk menjaga tingkat kontras monitor namun tetap bisa menghasilkan efek matte.

Jadi, penggunaan kain lap selain yang sudah diberikan oleh Apple mungkin akan merusak tekstur pada layar tersebut. Masalah lainnya adalah, setidaknya untuk saat ini, kain lap khusus itu tak dijual di mana pun. Anda harus menghubungi Apple untuk mendapat kain lap pengganti.


Apple Rilis Mac Pro dan Monitor Baru, Harganya?


Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)