Langkah OPPO Wujudkan Kelahiran 5G di Indonesia

Langkah OPPO Wujudkan Kelahiran 5G di Indonesia

Akfa Nasrulhak - detikInet
Selasa, 10 Des 2019 14:16 WIB
Foto: Quartz
Jakarta - Oppo mulai mengembangkan jaringan generasi kelima (5G) pada 2015. Saat itu, Oppo sudah membentuk tim standar komunikasi dan memulai penelitian awal pada perumusan standar 5G.

Upaya demi upaya pun terus dilakukan untuk mewujudkan kelahirannya teknologi 5G di dunia, termasuk Indonesia. Pada Mei 2018 Oppo memperkenalkan demonstrasi video 5G pertama dengan basis 3D structure light. Selanjutnya pada Agustus 2018, Oppo memimpin dalam pengujian persinyalan 5G dan tautan data berdasarkan ponsel yang tersedia secara komersial.

Pada Februari 2019, Oppo pun siaran langsung pertama kali di dunia melalui jaringan 5G. Kemudian, mereka memperkenalkan smartphone komersial 5G pertamanya pada ajang Oppo Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol. Perangkat ini berhasil memecahkan banyak tantangan seperti desain antena, baseband, frekuensi radio, dan konsumsi daya, perangkat ini juga hadir dengan memiliki kemampuan komunikasi yang lengkap.


Pada September 2019, Oppo telah mengirimkan lebih dari 3.000 proposal teknis ke 3GPP, dan memiliki lebih dari 2.500 aplikasi paten di seluruh dunia, dan telah mengumumkan 1000+ paten standar 5G di ETSI, yang merupakan peserta terbesar dan paling berpengaruh dalam pengembangan standar 5G.

Selanjutnya, Oppo meluncurkan kormersialisasi perangkat Oppo Reno 5G pertama kali untuk pasar Eropa pada Mei 2019. Hingga baru-baru ini pada 28 November 2019, Oppo melakukan uji panggilan pertama melalui panggilan internet (VOIP) pada jaringan 5G dengan menggunakan perangkat Reno 5G di Batam, Indonesia.

Kini Oppo pun menggelar Oppo Inno Day yang berlangsung mulai hari ini, Selasa (10/12/2019) di Shenzhen, China dan mengusung tema Create Beyond Boundaries. Di event ini, Oppo memberikan gambaran bagaimana nantinya industri dibentuk pada era 5G.

"Ini baru pertama kali, dulu ada yang namanya Oppo Innovation 2019 itu waktu di Mobile World Congress (MWC) saat meluncurkan Oppo Reno 10x Zoom. Sekarang ini dibuat ke Oppo Inno Day baru pertama kali di China," ujar Aryo Meidianto PR Manager Indonesia.

Dalam event ini, vendor asal China itu mengundang industri, mitra, dan para pakar guna menjelaskan perubahan besar yang akan dibawa oleh teknologi seluler generasi kelima ini. Selain itu akan digelar pameran inovatif yang menggambarkan ekosistem terintegrasi teknologi Oppo dan bagaimana cara untuk masuk ke dalam berbagai skenario pengguna.


Ke depan, Oppo siap mendukung penuh pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia. Tentunya sebagai vendor, Oppo siap untuk memproduksi perangkat-perangkat yang mendukung jaringan 5G, tentunya setelah adanya aturan baku mengenai peredaran perangkat 5G.



Langkah OPPO Wujudkan Kelahiran 5G di Indonesia


Simak Video "Pertama di Dunia! Penampakan Ponsel OPPO dengan Layar Gulung"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)