Selasa, 03 Des 2019 07:01 WIB

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ian Waldie/Getty Images Foto: Ian Waldie/Getty Images

Headphone on ear
Berbeda dengan over ear, earpad headphone on ear menempel di daun telinga. Karena itulah ukuran headphone jenis ini pun biasanya lebih kecil dan bobotnya lebih ringan.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: Istimewa/Inner Fidelity

Namun karena bantalannya menempel ke daun telinga, biasanya headphone on ear tak nyaman digunakan dalam waktu lama karena daun telinga bakal terasa pegal. Namun sisi baiknya adalah headphone on ear relatif tak membuat telinga berkeringat karena tak sepenuhnya tertutup.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Sementara headphone over ear yang menutup telinga secara keseluruhan, terutama yang closed back, biasanya membuat telinga berkeringat jika dipakai terlalu lama. Headphone on ear juga terbagi menjadi dua, closed back dan open back.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: Istimewa

Earbud
Earbud mungkin adalah jenis headphone yang paling dikenal orang, dan juga yang ukuran paling kecil. Earbud terpasang di bagian dalam telinga (concha), namun tidak sampai masuk ke dalam kanal telinga.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: Ian Waldie/Getty Images

Meski jadi varian headphone paling nyaman, ringan, dan kecil, earbud tak bisa memberikan kekedapan yang baik. Jadi besar kemungkinan anda akan tetap bisa mendengarkan suara dari luar ketika mendengarkan musik menggunakan earbud.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4