Selasa, 03 Des 2019 07:01 WIB

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ian Waldie/Getty Images Foto: Ian Waldie/Getty Images
Jakarta - Headphone saat ini mungkin menjadi salah satu hal penting untuk pengguna ponsel, baik untuk mendengarkan musik, menonton film, atau sekadar untuk melakukan panggilan telepon. Ada beberapa jenis headphone dari segi bentuk, dengan masing-masing keunggulan dan kerugiannya. Apa saja sih jenis headphone tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

Dari segi bentuk, headphone bisa dikategorikan menjadi empat, yaitu over ear headphone (circumaural), on ear (supra aural), earbud, dan in ear monitor. Apa saja sih bedanya?

Headphone Over-ear
Dari sisi ukuran, ini adalah headphone yang paling besar. Disebut over ear karena earpadnya menempel pada kepala dan menutupi kuping sepenuhnya. Headphone over ear -- secara mayoritas -- bisa dibilang adalah jenis headphone yang paling nyaman dibanding jenis headphone lain karena tekanannya terdistribusi ke kepala, bukan ke daun telinga.

Mengenal Jenis-jenis Headphone, Ada Apa Saja Sih?Foto: Istimewa/Inner Fidelity

Jenis headphone ini pun -- biasanya -- menghasilkan suara yang lebih baik dan natural. Bahkan kebanyakan headphone dengan kualitas terbaik pun biasanya berasal dari jenis ini, demikian dikutip detikINET dari Innerfidelity, Senin (2/12/2019).

Mengapa demikian? Karena driver (speaker yang ada di dalam headphone) berada pada posisi yang dekat dengan telinga namun tidak menempel. Sehingga suara yang dikeluarkan driver ini tidak langsung ke dalam kanal telinga melainkan menyentuh (dan memantul) pada bagian-bagian telinga lain, sebelum akhirnya menyentuh gendang telinga.

Headphone over ear ini pun terbagi menjadi dua, yaitu closed back dan open back.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4