Jumat, 22 Nov 2019 14:49 WIB

Galaxy S11 Pakai Layar 120Hz?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Phone Arena Ilustrasi. Foto: Phone Arena
Jakarta - Ice Universe kembali mengeluarkan bocoran terkait Samsung Galaxy S11. Yaitu kemungkinan ponsel tersebut bakal menggunakan layar 120Hz.

Menurut @UniverseIce, informasi ini berasal dari menu tersembunyi yang ada di One UI 2.0 beta di Galaxy Note 9. Dalam menu tersembunyi itu ada pengaturan refresh rate layar, di mana ada tiga opsi yang bisa dipilih.

Ketiga opsi tersebut adalah refresh rate 120Hz, mematikan mode high refresh rate dan menahannya di angka 60Hz, dan menyalakan perubahan otomatis antara 120Hz dan 60Hz sesuai dengan konten yang ditampilkan di layar.

Seperti diketahui, semakin tinggi refresh rate, animasi yang ditampilkan akan semakin halus, meski harus ditebus dengan konsumsi daya baterai yang lebih tinggi. Kebanyakan layar ponsel saat ini masih menggunakan layar 60Hz, kecuali sejumlah ponsel seperti ROG Phone 2 (120Hz) dan OnePlus 7 Pro dan Pixel 4 (90Hz).


Setiap pabrikan mempunyai pengaturan refresh ratenya sendiri. Contohnya di Pixel 4, di mana refresh ratenya akan ditahan di 60Hz saat tingkat kecerahan layar di bawah 75%. Tujuannya agar pengguna tak melihat flickering di layar ponselnya itu.

Namun setelah mendengar kritikan dari para konsumennya, Google menghapus opsi tingkat kecerahan rendah itu di Pixel 4 XL, dan menurunkan batasnya di Pixel 4. Meski konsumsi baterainya tinggi, banyak pengguna ponsel dengan layar 90Hz mengaku sulit kembali ke layar 60Hz setelah terbiasa melihat animasi yang lebih halus.

Selain refresh rate 120Hz, Ice Universe juga menyebut Galaxy S11 sudah tersertifikasi di China dengan charger 25W, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (22/11/2019).

Galaxy S11 Pakai Layar 120Hz?Foto: Istimewa


Simak Video "Jatuh dari Langit, 'Satelit' Samsung Mendarat di Permukiman Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)