Kamis, 21 Nov 2019 19:47 WIB

Bos Xiaomi Buka-bukaan Penyebab Redmi Note 8 Gaib

Adi Fida Rahman - detikInet
Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse (kiri). Foto: detikINET/Adi Fida Rachman Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse (kiri). Foto: detikINET/Adi Fida Rachman
Jakarta - Seperti pendahulunya, Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro gaib di pasaran. Kenapa hal tersebut bisa kembali terjadi?

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse rupanya tidak menampik adanya kelangkaan dua ponsel barunya itu di pasaran. Dia menyebutkan tiga alasan kenapa Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro gaib.

Pertama, adanya proses peningkatan produksi di pusat perakitan PT Sat Nusa Persada. Sehingga mereka memastikan komponen yang dibeli dari China tiba di Batam.

Peningkatan unit yang dibuat membuat line produksi bertambah. Seiring itu mereka menambah pekerja. Alhasil, Xiaomi harus melatih mereka terlebih dulu sebelum menempatkan ke jalur produksi.


Mereka pun harus melakukan uji coba untuk memastikan perangkatnya benar-benar tidak ada cacat saat proses produksi.

"Proses pertama itu terkadang tidak sempurna, jadi proses awal memakan waktu. Dan oleh karena itu ada proses yang namanya trade off, jadi kami rilis agar pengguna bisa mendapatkan lebih cepat walau volumenya lebih rendah. Ketimbang menunggu lebih lama agar stoknya lebih banyak, itu butuh waktu lebih panjang. Di industri, waktu sangat esensial," jelas Alvin saat berbincang di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Alasan kedua, Xiaomi merupakan perusahaan yang fokus pada distribusi online. Hanya saja, di Indonesia cukup kompleks karena tidak hanya konsumen yang berburu, tapi juga para dealer dan retailer. Jadi, konsumen umum sulit mendapatkan Redmi Note 8 atau Redmi Note 8 Pro. Begitu konsumen mencari di toko offline, produk belum tersedia.

"Jadi itulah yang membuat konsumen menilai kami tidak punya barang," kata Alvin.

Alasan ketiga, menurut Alvin, begitu tingginya permintaan akan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Bagi banyak brand, memproduksi 125 ribu per bulan sebenarnya jumlah yang sangat besar. Tapi tetap saja, dalam waktu singkat ludes terjual.

"Kami telah memperbaiki diri, semoga ke depannya apapun yang kami luncurkan semakin baik pasokannya," pungkas Alvin.

Simak Video "Mendarat 17 Oktober, Ini Dia Penampakan Redmi Note 8!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)