Kamis, 21 Nov 2019 21:42 WIB

Buset! Harga Perbaikan Layar Mate X Setara iPhone 11 Pro

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Memperbaiki layar ponsel tidaklah murah, apalagi perangkat tersebut keseluruhannya berupa layar, seperti Mate X. Biaya perbaikan ponsel layar lipat ini mencapai satu unit iPhone 11 Pro.

Berdasarkan laporan Sina dikutip dari Cnet, Kamis (21/11/2019) Huawei baru saja mengungkapkan rincian biaya perbaikan yang akan ditanggung pemilik Mate X.



Untuk mengganti layar 8 inch ini, maka konsumen harus merogoh kocek sebesar USD 1.000 atau Rp 14 jutaan bila dirupiahkan. Bila dibandingkan dengan harga yang sama, ongkos perbaikan layar Mate X itu setara dengan harga jual iPhone 11 Pro yang belum lama ini dipasarkan Apple, yakni sekitar USD 999.

Mate X sendiri memang ponsel kelas sultan. Datang dengan inovasi smartphone yang layarnya bisa dibuka-tutup, perangkat yang baru dipasarkan ini dipatok di harga Rp 34 jutaan.

Biaya perbaikan Huawei Mate XBiaya perbaikan Huawei Mate X Foto: Istimewa


Di kategori ponsel layar lipat, Mate X merupakan gadget paling mahal. Kompetitornya, misalnya Motorola Razr yang sudah dirilis dijual USD 1.499 atau Rp 21 jutaan dan Galaxy Fold kepunyaan Samsung dilego di angka USD 1.980 atau Rp 27,9 jutaan.

Huawei pertama kali memamerkan Mate X di perhelatan Mobile World Congress (WMC) 2019 Barcelona. Ponsel ini didesain menarik dengan layar yang terlipat keluar. Huawei menyebutnya sebagai desain Falcon Wing. Butuh tiga tahun untuk mereka mengembangkan desain tersebut.



Ketika posisi terlipat, ada layar berukuran 6,6 inch di bagian depan dan 6,3 inch di belakang. Begitu dibuka, layar akan menjadi 8 inch.

Namun demikian, karena layarnya berada di luar, sebagian pihak menganggapnya rentan rusak. Harganya yang mahal juga membuatnya menyasar pasar yang terbatas.

Simak Video "Lenovo Ikutan Tren Ponsel Layar Lipat "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)