Jumat, 15 Nov 2019 12:41 WIB

'iMessages' Android Resmi Dirilis

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Google akhirnya resmi meresmikan Rich Communication Services (RCS) untuk Android. Layanan pengiriman pesan mirip iMessages tersebut mulai tersedia untuk pengguna Android di Amerika Serikat.

Penggunaan layanan RCS ini memanfaatkan aplikasi Android Messages buatan Google, dan untuk menyalakannya terbilang mudah. Pertama, perbarui aplikasi tersebut ke versi teranyar, lalu nyalakan opsinya melalui pengaturan.

Settings > Apps & notifications > Advanced > Default apps >SMS dan pilih Messages.

Sebagai informasi, RCS adalah teknologi pengiriman pesan generasi terbaru, yang tak menggunakan koneksi seluler dan menggunakan koneksi data. Jumlah karakter maksimal yang bisa dikirimkan meningkat dari 160 karakter menjadi 8.000 karakter.


Pengguna pun bisa mengirimkan foto dan video dengan kualitas lebih tinggi, menerima notifikasi setelah pesan terkirim dan dibaca, melakukan percakapan dengan 100 orang sekaligus, dan lainnya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (15/11/2019).

Tapi dari segi keamanan, saat ini belum ada enkripsi end-to end untuk layanan ini. Namun, Google mengaku tengah mengerjakan fitur tersebut.

Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)