Kamis, 14 Nov 2019 17:00 WIB

iPhone 12 Rilis Tahun Depan, Intip Bocoran Desain dan Speknya

Virgina Maulita Putri - detikInet
iPhone 12 Rilis Tahun Depan, Intip Bocoran Desain dan Speknya Foto: Phone Arena iPhone 12 Rilis Tahun Depan, Intip Bocoran Desain dan Speknya Foto: Phone Arena
Jakarta - iPhone 11 mungkin baru rilis beberapa bulan yang lalu. Tapi bocoran dan prediksi mengenai penerusnya, iPhone 12, telah bermunculan.

Apple diperkirakan akan mengenalkan desain baru yang berbeda dengan dengan beberapa generasi iPhone sebelumnya. Bahkan analis kenamaan, Ming-Chi Kuo memperkirakan akan beberapa seri yang ukurannya akan mengecil.



Penasaran apa saja hal baru yang akan dihadirkan Apple pada tahun 2020 di iPhone 12? Berikut serangkaian rumor tentang desain dan spesifikasi iPhone 12 yang dirangkum detikINET:

1. Desain Baru

iPhone 12 diperkirakan akan memiliki desain yang lebih kotak dan tegas. Desain dengan sisi yang membulat pun hilang, digantikan dengan desain yang lebih kotak seperti iPhone 4 dan 5.

Hal ini terbilang masuk akal, mengingat iPad Pro terbaru juga memiliki ujung dan sisi yang terlihat lebih tajam. MacBook pun memiliki desain serupa, sehingga masuk akal bagi iPhone 12 untuk mengikuti desain ini.

Selain itu, dikutip dari CNET, Kamis (14/1/2019) analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple akan mengecilkan ukuran layar penerus iPhone 11 Pro. Jika iPhone 11 Pro saat ini memiliki layar berukuran 5,8 inci, penerusnya yang meluncur pada tahun 2020 akan memiliki layar berukuran 5,4 inci.

2. Notch Lebih Kecil

Notch sepertinya belum akan menghilang dari iPhone 12, tapi ukurannya akan mengecil dengan cukup signifikan. Walau ukurannya menjadi lebih kecil, sensor TrueDepth untuk FaceID tetap akan berfungsi secara normal.

3. Empat Kamera Belakang

iPhone 12 diperkirakan akan menjadi seri iPhone pertama yang menggunakan empat kamera belakang. Analis Ming-Chi Kuo mengatakan kamera keempat yang akan menghiasi punggung iPhone 12 adalah kamera Time-of-Flight (ToF).

Kamera ToF ini akan disandingkan dengan kamera wide, ultrawide dan telephoto. Kamera ini sudah digunakan oleh beberapa ponsel flagship lainnya seperti Galaxy Note 10 Plus yang bisa mengukur depth objek dengan lebih akurat.

4. Spek Lainnya

Selain empat kamera belakang, notch dan layar yang lebih kecil, iPhone 12 diperkirakan akan menghadirkan spesifikasi dan fitur baru lainnya. Beberapa di antaranya adalah kemampuan koneksi 5G dan display dengan refresh rate 120 Hz.

Hadirnya iPhone dengan koneksi 5G mengikuti penyelesaian sengketa antara Apple dan Qualcomm. Nikkei melaporkan iPhone 12 akan menggunakan modem 5G Qualcomm X55.

5. Harga Lebih Mahal

Jika kalian merasa iPhone 11 dibanderol dengan harga yang mahal, iPhone 12 diperkirakan akan menjadi lebih mahal lagi dibanding pendahulunya. Dilansir dari Apple Insider, Analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa motherboard untuk menampung antena 5G akan meningkatkan biaya produksi sebesar 35%.

Selain itu, biaya konstruksi kerangka iPhone 12 akan menjadi lebih mahal sekitar 50-60%. Harga display kacanya juga akan lebih mahal sekitar 40-50%.

6. Rilis

Apple selalu merilis iPhone terbarunya pada minggu kedua di bulan September, dan biasanya jatuh pada hari Selasa. Jika melihat tanggal pengumuman iPhone 11 yang jatuh pada 10 September 2019, diperkirakan iPhone 12 akan dipamerkan ke publik pada 8 September 2020.

Simak Video "Catat! Ini Tanggal Resmi iPhone 11 Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)