Rabu, 30 Okt 2019 17:29 WIB

Lobi Apple, Smartfren Hasrat Bawa iPhone 11 ke Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Djoko Tata Ibrahim. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Djoko Tata Ibrahim. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Smartfren berhasrat untuk membawa iPhone 11 ke Indonesia melalui paket bundling dalam waktu dekat ini.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, sampai saat ini proses lobi yang dilancarkan pihaknya kepada perusahaan Apple tersebut masih terus dilakukan.

"Lagi dibicarakan (dengan Apple). Kita sudah dua tahun berturut-turut kerja sama dengan mereka," kata Djoko ditemui di Jakarta, Rabu (30/10/2019).



Seperti diketahui, pertama kali 'romantisme' Smartfren dan Apple ini terjalin pada tahun Maret 2017, di mana anak perusahaan Sinar Mas tersebut membawa iPhone 7 yang kemudian berlanjut dengan iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus ke Tanah Air dengan paket bundlingnya di tahun yang sama.

Selang satu tahun berikutnya, Smartfren kembali menjadi salah satu distributor resmi iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang diboyongnya ke Tanah Air.

"Mungkin dalam satu bulan ini atau bulan depan kita sudah tahu putusannya," ucapnya.

"Biasa, urusan komersialnya, urusan ujungnya gimana, kita mesti ada promo dan segala macam," ungkap Djoko terkait kendala deal Smartfren dan Apple yang belum mencapai kesepakatan.

Sekedar informasi, Apple resmi merilis trio iPhone anyar mereka pada 20 September kemarin. Di pertengahan September itu juga, rupanya PT Apple Indonesia telah mendapatkan sertifikasi TKDN pada 23 September 2019, berdasarkan pantauan detikINET di situs Kemenperin, Kamis (26/9).

Ada empat produk yang lolos, yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPad generasi ketujuh. Keempat perangkat tersebut memenuhi TKDN sebesar 30%. Artinya, perangkat Apple tersebut lolos TKDN yang diatur oleh pemerintah.



Simak Video "Smartfren Gaet Pelanggan dengan Undian Vespa hingga Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)