Senin, 28 Okt 2019 13:59 WIB

Fragmentasi Android Sudah Membaik, Tapi Belum Sebagus iOS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Project Treble yang dirilis Google pada 2017 bersamaan dengan Android 8 Oreo terbukti bisa memperbaiki masalah fragmentasi pada Android. Tapi...

Fragmentasi Android adalah masalah yang sudah ada sejak lama, yaitu tingkat penggunaan sistem operasi terbaru yang sangat rendah pada ponsel Android selain seri Nexus dan Pixel.

Pada Juli 2018, hampir setahun setelah Project Treble dirilis, hanya 8,9% perangkat Android yang sudah menjalankan Android 8 Oreo. Namun angkanya melonjak jauh setahun kemudian, yaitu pada Agustus 2019.

Sebelum Google merilis Android 10, tingkat penggunaan Android 9 Pie adalah 22,6%. Dari sini terlihat kalau Project Treble mempunyai dampak yang bagus terhadap masalah fragmentasi Android.


Project Treble pun bisa meningkatkan partisipan Android 10 beta menjadi 18 perangkat dari 12 pabrikan di luar seri Pixel. Padahal pada Android 9 Pie beta, pesertanya hanya 7 perangkat dari 7 pabrikan.

Bahkan Project Treble pun bisa membuat Xiaomi dan Essential menghadirkan pembaruan Android 10 tepat pada peluncuran sistem operasi tersebut. Kemudian OnePlus dan Nokia pun mengikuti langkah kedua pabrikan itu, dan ada LG, Motorola, Samsung, serta Sony yang berkomitmen untuk memperbarui perangkatnya ke Android 10 sebelum 2019 berakhir.

"Kami punya banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan, dan kami tak lelah untuk mencari terobosan dalam meningkatkan pembaruan," tulis Illiyan Malchev dari Project Treble dalam postingan blog resminya.

Namun memang perjalanan Malchev dan rekan-rekannya masih sangat jauh jika dibandingkan dengan iOS. Masalahnya, dalam waktu kurang dari sebulan setelah iOS 13 dirilis, setengah dari semua iPhone yang ada di tangan konsumen sudah menggunakan sistem operasi tersebut.

Perjalanan Android untuk bisa mencapai tingkat adopsi seperti itu memang sepertinya masih panjang, pun tak jelas juga apakah mereka bisa mencapai angka setinggi itu. Namun setidaknya, Project Treble bisa membantu mengurangi masalah fragmentasi yang ada saat ini.

Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)