Selasa, 22 Okt 2019 07:05 WIB

Kata Microsoft Soal OS Terbaik untuk Smartphone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Wired Foto: Wired
Jakarta - Beberapa waktu lalu Microsoft meluncurkan jajaran produk barunya, dan salah satu di antaranya adalah 'Surface phone' yang sebelumnya sudah sering diisukan akan meluncur.

Ponsel Surface ini nama resminya adalah Surface Duo, mempunyai dua layar yang terhubung menggunakan engsel yang bisa berputar sebesar 360 derajat. Unik memang, utamanya karena desainnya ini berbeda dengan ponsel layar lipat yang sudah diluncurkan oleh Samsung dan Huawei.

Namun ada hal lain yang menarik dari ponsel ini, yaitu sistem operasi yang dipakainya. Bukan, Microsoft tak menggunakan sistem operasi ponsel buatannya sendiri, karena memang sudah tak lagi dikembangkan.

Surface Duo ini menggunakan sistem operasi Android, dan Microsoft pun punya alasan tersendiri dalam pemilihan sistem operasi ini. Menurut chief product officer Microsoft Devices Panos Panay, 'Android adalah OS terbaik untuk produk ini.'


Namun meski menggunakan Android, Surface Duo tentunya tetap berisi jajaran aplikasi buatan Microsoft. Contohnya saja ada sepaket aplikasi Office yang dibenamkan ke dalam ponsel tersebut.

Sebelumnya Microsoft pun menjali kerja sama dengan Samsung untuk membenamkan aplikasi Word, Excel, dan sejumlah aplikasi lain ke dalam ponsel buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Tampaknya inilah strategi Microsoft untuk merambah perangkat mobile, yaitu merangkul pembuat ponsel Android, sistem operasi yang pangsa pasarnya lebih dari 80% di seluruh dunia. Dengan begitu Microsoft tetap mempunyai pasar yang besar untuk menjajakan produk buatannya.

Simak Video "Microsoft: 83% Perangkat Lunak di Indonesia Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)