Rabu, 16 Okt 2019 14:57 WIB

Pixel 4 Punya Fitur Radar, Begini Penjelasannya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Digital Tren Foto: Digital Tren
Jakarta - Ada fitur Pixel 4 yang bernama Motion Sense, yang cara kerjanya mirip sebuah radar. Begini cara kerja radar di ponsel terbaru Google itu.

Motion Sense ini berasal dari Project Soli, yang merupakan teknologi berbasis radar yang dikembangkan oleh Google. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengganti lagu, mematikan telepon, ataupun beberapa hal lain yang bisa dilakukan tanpa menyentuh ponsel.

Google membanggakan Pixel 4 sebagai ponsel pertama yang mempunyai sensor radar. Fitur ini pun diklaim membuat Pixel 4 sebagai ponsel dengan sistem face unlock paling cepat dibanding ponsel lainnya.

Cara kerjanya begini, saat ditaruh di meja dengan keadaan menghadap ke atas, ponsel bisa mendeteksi saat pengguna menjulurkan tangannya untuk mengambil ponsel. Saat itu terjadi, ponsel akan menyalakan layar ke dalam mode always on, yang juga menjadi peringatan untuk ponsel agar siap-siap mengaktifkan fitur face unlock.


Lalu pengguna juga bisa mengganti lagu atau menolak telepon yang masuk dengan melambaikan tangan di atas ponsel tanpa perlu menyentuhnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (16/10/2019).

Google memastikan kalau fitur ini bisa dimatikan atau dinyalakan kapan pun sesuai keinginan pengguna. Mereka juga meyakinkan kalau semua informasi gestur itu tak disimpan dan dibagikan lewat layanan Google lain, alias hanya tersimpan secara lokal di ponsel.

Ke depannya, Google juga memastikan kalau tim Project Soli bakal terus menambahkan fitur untuk Motion Sense ini. Seperti penerapan di game ataupun personal wellness. Fitur Motion Sense ini sebenarnya sudah dipamerkan Google beberapa bulan sebelum mereka merilis Pixel 4.

Karena ini merupakan fitur baru, Google memberikan petunjuk penggunaan dalam bentuk aplikasi Pokemon Wave Hello. Di aplikasi ini, pengguna bisa belajar menggunakan Motion Sense dalam berinteraksi dengan Pikachu dkk.

Pixel 4 Punya Fitur Radar, Begini PenjelasannyaFoto: The Verge

Project Soli adalah hasil karya tim Advanced Technology and Project (ATAP) milik Google, yang sudah dikembangkan sejak lima tahun ke belakang. Fitur ini awalnya dibuat untuk digunakan di smartwatch dan smart speaker, namun malah pertama hadir di Pixel 4.



Simak Video "Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)