Selasa, 15 Okt 2019 19:10 WIB

Helio G90T, Chipset Gaming Kolaborasi Mediatek dan Xiaomi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri
Jakarta - Smartphone Redmi Note 8 Pro akan segera mendarat di Indonesia dalam hitungan hari. Peluncuran smartphone anyar ini juga akan ditandai dengan meluncurnya chipset terbaru dari MediaTek yaitu Helio G90 Series yang dirancang khusus untuk gaming.

Redmi Note 8 Pro sendiri diketahui merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor Helio G90T. Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse mengungkap bahwa prosesor yang dibangun dengan fabrikasi 12nm ini merupakan hasil kolaborasi antara kedua perusahaan.

"Helio G90T adalah hasil kolaborasi antara tim engineering Mediatek dan Xiaomi," kata Alvin dalam acara MediaTek Tech Forum di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

"Ini adalah chipset bertenaga yang diciptakan khusus untuk gamers," sambungnya.

Helio G90 Series sebenarnya bukan prosesor smartphone pertama yang dikhususkan untuk gaming. Sebelumnya, Qualcomm sudah memperkenalkan Snapdragon 730G yang juga khusus untuk gaming.


Tapi Alvin percaya diri bahwa Helio G90 Series akan memberikan performa gaming yang lebih bertenaga dibanding kompetitor. Prosesor ini menggabungkan CPU Arm Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang dipadankan dengan GPU Arm Mali-G76 dengan kecepatan hingga 800 MHz.

GPU yang digunakan Helio G90 Series diklaim MediaTek 30% lebih bertenaga dibanding pendahulunya, Mali-G72. Belum lagi, prosesor ini juga menggunakan teknologi HyperEngine yang bisa memberikan pengalaman gaming terbaik.

"Skor Antutu lebih dari 222 ribu poin memberikan gaming experience yang mulus tanpa lag, teknologi yang keren dan memungkinkan kalian memainkan segala macam game tanpa halangan," jelas Tse.

"Kami percaya Redmi Note 8 Pro dengan Helio G90T akan memberikan gaming experience yang lebih cepat dan mulus bahkan 34% lebih cepat dibanding kompetitor," sambungnya.


Selain itu, Helio G90 Series juga menawarkan fitur seperti memori LPDDR4x hingga 10GB. Dari segi kamera, chipset ini mendukung kamera utama hingga 64MP dan kombinasi multi kamera.

Chipset ini juga mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk pengenalan wajah dan kamera AI. Penasaran dengan performa prosesor Helio G90 Series? Tunggu saja kehadirannya bersama Redmi Note 8 Pro pada 17 Oktober mendatang.

Simak Video "''Membumi'' Jadi Kunci Xiaomi Gaet 24 Juta Pengguna di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)