Senin, 14 Okt 2019 17:40 WIB

Huawei Mate 20 Pro Mulai Kebagian Android 10

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Huawei Mate 20 Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Huawei Mate 20 Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Saat masa depan Huawei Mate 30 masih penuh tanda tanya, seri Mate 20 yang merupakan pendahulunya malah kebagian pembaruan Android 10.

Seri Mate 30 dirilis dengan sistem operasi Android Open Source Project (AOSP), yang tak mempunyai akses ke aplikasi inti Google, seperti Search, Gmail, Maps, dan lainnya. Hal itu disebabkan karena Huawei Masuk ke Entity List, yang dilarang berbisnis dengan perusahaan asal Amerika Serikat, termasuk Google.

Sementara Mate 20 tidak terkena larangan tersebut karena sudah dirilis sebelum aturan tersebut efektif. Kini ponsel keluaran 2018 tersebut sudah mulai mendapat pembaruan Android 10.

Dilansir Android Central, Senin (14/10/2019), sejumlah pengguna Mate 20 Pro di Belanda mulai mendapat pembaruan Android 10. Salah satu fitur utama di OS anyar itu adalah sistem kontrol gestur yang lebih baik ketimbang di Android Pie, serta Dark Theme, Live Caption dan lainnya.

Android 10 ini hadir di Mate 20 Pro lewat EMUI 10, lengkap dengan security patch September 2019. Tak sekadar fitur-fitur andalan di Android 10 yang bisa dinikmati, melainkan juga perubahan tampilan dibanding EMUI 9 yang sebelumnya dipakai.


Pembaruan EMUI 10 ini hadir dalam bentuk OTA dengan ukuran file sebesar 4,42 GB, dan nomor build 10.0.136. Tampaknya pembaruan ini hadir secara bertahap, dan untuk sementara ini baru tersedia untuk pengguna yang berlokasi di Belanda.

Masuknya Huawei ke dalam daftar blokir AS ini mempunyai dampak besar terhadap perusahaan asal China tersebut. Di bisnis ponsel misalnya, Huawei sebenarnya sudah berada di jalur untuk menjadi pabrikan ponsel terbesar di dunia pada akhir 2019 ini.

Namun karena diblokir, dan sepertinya penjualan Mate 30 dan Mate 30 Pro yang tak akan terlalu tinggi di luar China, Huawei sepertinya harus puas berada di posisi ke-3, di bawah Samsung dan Apple.

Simak Video "Huawei Mate 30 Pro Hadir dengan 4 Kamera Belakang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)