Selasa, 08 Okt 2019 21:03 WIB

Bos Apple: Kami Sudah Berusaha Jual iPhone Semurah Mungkin

Anggoro Suryo Jati - detikInet
iPhone 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET iPhone 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - CEO Apple Tim Cook berbicara soal harga produk dan layanan Apple. Meski sering dituding terlalu mahal, ternyata Cook mengaku mereka sudah berusaha keras untuk memberikan harga yang termurah.

"Kami selalu menjaga harga kami semurah mungkin dan untungnya kami berhasil menurunkan harga iPhone tahun ini," ujar Cook.

Memang, harga iPhone 11 memang sedikit murah ketimbang iPhone XR keluaran 2018 lalu, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (8/10/2019).

Tak cuma itu, layanan Apple TV+ pun lebih murah ketimbang Netflix. TV+ tarifnya 5 euro perbulan, lebih murah ketimbang Netflix paket termurah yang biayaya 8 euro perbulan. Cook pun menyebut meski layanannya lebih murah, Netflix tak akan terganggu dengan kehadiran TV+.


Menurut Cook, layanan video streaming itu tak bisa dikuasai oleh satu layanan. Karena menurutnya banyak pelanggan yang berlangganan ke banyak penyedia layanan, dan Apple ingin TV+ menjadi salah satu layanan tersebut.

Cook boleh saja mengaku kalau Apple berusaha memberikan harga termurah untuk produk dan layanan buatannya. Namun kenyataannya, harga komponen iPhone ketika dibongkar masih jauh lebih rendah ketimbang harga jual ponsel tersebut, meski memang itu hanyalah harga komponen, belum termasuk biaya riset dan lainnya.

Namun setidaknya, para analis menilai langkah Apple menurunkan harga iPhone itu bakal menggairahkan kembali penjualan iPhone yang belakangan menurun.

"Kami menilai event Apple ini positif, terutama turunnya harga iPhone 11 dibanding XR yang bisa menjadi pemicu penjualan di segmen smartphone premium entry level," tulis J.P Morgan.

Simak Video "Jelang Pelantikan Presiden, Aneka Tagar Ramaikan Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)