Senin, 07 Okt 2019 19:52 WIB

Nokia 2720 Reborn Dikritik Gara-gara WhatsApp

Fino Yurio Kristo - detikInet
Nokia 2720 reborn. Foto: Pocket Lint Nokia 2720 reborn. Foto: Pocket Lint
Jakarta - Nokia 2720 reborn belum lama ini diluncurkan oleh HMD Global. Ia adalah 'reinkarnasi' dari ponsel bergaya flip dengan nama sama yang dirilis pada 2009. Seperti apa kata pakar review setelah mencobanya?

Menggunakan KaiOS, Nokia 2720 versi baru ini punya beragam aplikasi yang berguna di keseharian. Sebut saja YouTube, Google Maps, Twitter, Facebook ataupun WhatsApp, walaupun tidak ada Instagram dan Spotify.

"Di atas kertas, aplikasinya meliputi kebanyakan fungsionalitas yang diperlukan dalam ponsel untuk keseharian. Namun demikian, hanya karena ponsel ini memiliki aplikasi tersebut, bukan berarti bekerja dengan cara yang biasanya," tulis review Jon Porter dari The Verge.


Jon menyoroti sulitnya menggunakan keyboard ala ponsel jadul di Nokia 2720 reborn untuk mengetik pesan WhatsApp. Ia merasa sangat kesulitan menggunakannya.

"Percayalah, mencoba mengetik pesan WhatsApp di keyboard T9 bikin frustrasi dan berdampak pada kemampuan komunikasi. Kecuali kalian mau menghabiskan banyak waktu mengetik, pesan yang tertulis akan pendek-pendek," cetusnya.

Chat di grup juga sangat sulit karena pesan bermunculan begitu cepat dan sulit untuk membalasnya dengan keyboard Nokia 2720. "Semuanya melesatkan pesan dari keyboard layar sentuh dan kalian kepayahan menulis pesan pertama untuk dikirimkan," sebutnya.

Ia menilai keyboard semacam ini hanya cocok untuk masa 1990-an ketika semua ponsel memakai jenis yang sama. Di sisi lain, ia memuji beberapa hal di Nokia 2720 seperti kekuatan baterainya yang bisa bertahan beberapa hari.

Dalam kesimpulannya, Jon menilai cocok saja memakai Nokia 2720 reborn jika difungsikan sebagai semacam detoks digital. Namun mengandalkannya untuk WhatsApp seperti di smartphone bukanlah pengalaman yang menyenangkan.



Simak Video "Nokia 2.2 Tawarkan Fitur Kekinian dengan Harga Bersahabat "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)