Minggu, 06 Okt 2019 21:22 WIB

Google Setop Penelitian untuk Face Unlock Pixel 4

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa/Evan Blass Foto: Istimewa/Evan Blass
Jakarta - Hanya dua minggu sebelum Pixel 4 dirilis, Google menyetop penelitian yang diduga untuk meningkatkan kemampuan pemindai wajah di ponsel barunya itu.

Penelitian ini dilakukan dengan memindai wajah orang dengan bayaran voucher senilai USD 5. Penelitiannya sendiri dilakukan oleh kontraktor, alias tak dilakukan langsung oleh Google.

Namun belakangan penelitian itu menjadi bahan perbincangan setleah ada seorang mantan pegawai kontraktor itu yang mengungkap kalau target utama dari penelitian itu adalah gelandangan dan mahasiswa.

Dalam laporan yang dilansir New York Daily News, gelandangan dijadikan target karena kecil kemungkinan mereka bakal berbicara pada media massa. Para gelandangan itu dianggap tak akan mengerti dengan apa yang terjadi di penelitian tersebut.


Setelah mengetahui masalah ini, Google mengaku langsung menghentikan penelitiannya dan melakukan sebuah investigasi. Hasil investigasi itu belum diketahui, namun yang jelas penggunaan kontraktor bernama Randstad untuk penelitian tersebut sudah dikonfirmasi oleh Google.

"Kami menganggap serius tuduhan ini dan langsung menginvestigasi mereka (kontraktornya). Tuduhan terkait kejujuran dan perizinan adalah pelanggaran dalam persyaratan untuk penelitian sukarela dan pelatihan yang sudah kami berikan," tulis Google dalam pernyataannya.

Awalnya, Google menyebut penelitian ini dilakukan untuk memastikan fitur Face Unlock di Pixel 4 bisa mengenali wajah-wajah yang berbeda, utamanya mencegah terjadinya bias terhadap warna kulit manusia.

Jadi data dari penelitian itu sejatinya bakal dipakai untul melatih kecerdasan buatan yang ada di balik fitur Face Unlock Pixel 4. Setiap sukarelawan yang mengizinkan wajahnya dipindai akan diberikan sebuah ponsel dalam kotak yang sangat besar.

Lalu mereka harus menggunakan kamera depan untuk merekam wajah mereka dari berbagai sudut. Setiap partisipan yang 'menyerahkan' wajahnya diberi voucher USD 5 yang bisa dipakai di Amazon ataupun Starbucks.

Simak Video "Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)