Rabu, 11 Sep 2019 14:05 WIB

Mengenal Chip A13 Bionic yang Dipakai di iPhone 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot YouTube Foto: Screenshot YouTube
FOKUS BERITA Apple Rilis iPhone 11
Jakarta - iPhone 11 dan iPhone 11 Pro menggunakan chip baru bernama A13 Bionic. Apa kehebatan chip baru itu?

Ada beberapa aspek yang dibanggakan Apple dari A13 Bionic, yaitu diklaim sebagai CPU ponsel tercepat, GPU ponsel terkencang, dan juga mempunyai konsumsi daya yang lebih hemat ketimbang pendahulunya.

Apple menampilkan perbandingan perfoma CPU dan GPU A13 Bionic dengan sejumlah chip lain yang yang ada saat ini, termasuk A12 Bionic yang dipakai di iPhone XR. Mereka juga membandingkannya dengan Snapdragon 855 di Galaxy S10+, Kirin 980 di P30 Pro dan Snapdragon 845 yang dipakai di Pixel 3.

Mengenal Chip A13 Bionic yang Dipakai di iPhone 11Foto: Screenshot YouTube

Tentunya dalam perbandingan itu Apple menggambarkan A13 Bionic mempunyai performa yang jauh lebih kencang ketimbang pesaing-pesaingnya itu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (11/9/2019).


Chip ini mempunyai dua core CPU 'kencang' dan empat core cpu 'efisien'. Sementara jumlah core GPU-nya adalah empat, sama seperti jumlah core GPU yang ada di A12 Bionic.

Mengenal Chip A13 Bionic yang Dipakai di iPhone 11Foto: Screenshot YouTube

Namun perubahan signifikan juga terjadi pada konsumsi dayanya, yang diklaim Apple lebih irit 40% ketimbang chip sebelumnya. Hal ini membuat iPhone 11 Pro bisa mempunyai daya tahan baterai lebih lama 1 jam dan iPhone 11 Pro Max 5 jam ketimbang pendahulunya.

Mengenal Chip A13 Bionic yang Dipakai di iPhone 11Foto: Screenshot YouTube

Iritnya konsumsi daya ini bisa dicapai karena chip tersebut mempunyai banyak komponen yang bisa dimatikan ketika sedang tak digunakan. Sebagai catatan, chip ini mempunyai 8,5 miliar transistor di dalamnya, yang membuat performanya meningkat 20%.

A13 Bionic juga disebut mempunyai performa machine learning yang paling tinggi, dengan delapan core neural engine yang bisa melakukan 1 triliun hitungan setiap detiknya.

Kemampuan machine learning di chip ini menurut Apple bakal banyak dimanfaatkan oleh kamera di iPhone 11, yaitu untuk memproses foto yang dijepret. Dan chip itu pun membuat iPhone 11 bisa merekam video 4K dengan frame rate 60 fps dalam kondisi HDR diaktifkan.

Simak Video "Apple Resmi Perkenalkan iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)
FOKUS BERITA Apple Rilis iPhone 11

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com