Rabu, 11 Sep 2019 11:35 WIB

iPhone 11 Punya Chip Rahasia, Apa Gunanya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot situs Foto: Screenshot situs
FOKUS BERITA Apple Rilis iPhone 11
Jakarta - Ada satu chip baru yang terpasang di iPhone 11 namun tak diungkap oleh Apple dalam acara peluncuran ponsel anyarnya itu. Chip tersebut bernama U1. Apa gunanya?

Keberadaan chip ini diketahui dari data spesifikasi yang dipajang Apple di situsnya. Dalam deskripsinya, Apple menyebut chip U1 ini bisa membuka kemampuan luar biasa di perangkat iOS.

Kemampuan luar biasa yang mereka maksud adalah peningkatan akurasi AirDrop di iOS 13 ketika dipakai mengirimkan data. Dengan chip U1, pengguna bisa mengarahkan iPhone-nya ke orang yang akan menerima data tersebut.

"Bayangkan sebuah GPS namun yang berfungsi di dalam ruangan. Jadi jika anda mau membagikan sebuah berkas ke seseorang menggunakan AirDrop, cukup arahkan iPhone ke iPhone mereka dan mereka akan menjadi orang pertama di dalam daftar (penerima)," tulis Apple.


Huruf U dalam U1 mengacu pada istilah 'ultra-wideband', yaitu teknologi yang dipakai Apple untuk fitur pemantau lokasi di ponsel, dan tampaknya bakal ada di bermacam perangkat lainnya. Chip U1 ini bisa membantu iPhone terbaru untuk mengetahui lokasi dan berkomunikasi dengan perangkat lain yang menggunakan chip sama, dengan akurasi dan kecepata yang lebih tinggi.

Salah satu contoh penggunaan chip U1 yang mungkin bakal ada adalah sebuah aksesoris yang mungkin bernama Apple Tag, yaitu sebuah perangkat penanda benda seperti kunci, dompet, dan benda-benda lain yang mudah terselip.

Dengan chip U1, pengguna mungkin bisa mengarahkan iPhone-nya ke berbagai arah ketika mencari benda yang sudah dipasangi Apple Tag. Fitur ini sebenarnya sudah muncul dalam bentuk barisan kode di iOS 13 beta, namun belum dirilis secara resmi, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (11/9/2019).

Simak Video "Apple Resmi Perkenalkan iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)
FOKUS BERITA Apple Rilis iPhone 11

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com