Jumat, 06 Sep 2019 07:47 WIB

Pengguna Android 10 Keluhkan Sensor Mati Setelah Update

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Android 10 baru beberapa hari dirilis ke pasaran, namun sejumlah pengguna sudah menemukan bug di pembaruan tersebut.

Bug tersebut adalah matinya sejumlah fitur yang bergantung para sensor di ponsel yang diperbarui ke Android 10. Sensor yang mati itu antara lain adalah active edge, auto rotate, auto brightness, double tap to wake, dan lift to wake.

Kebanyakan pengguna mengeluhkan masalah ini terjadi di Pixel 3 XL dan ada seorang pengguna Pixel generasi pertama yang juga mengeluhkan masalah serupa, demikian dikutip detikINET dari Android Authority, Kamis (5/9/2019).



"Saat saya melakukan panggilan telepon, layarnya menjadi gelap dan tak bisa dinyalakan lagi baik dengan swipe layar atau menekan tombol power. Semua telepon dialihkan ke voicemail, dan anda tak bisa melihat tombol dial untuk merespon," keluh seorang pengguna Pixel.

Masalah ini muncul pada pengguna Android 10 yang menginstal pembaruan itu lewat OTA maupun melakukan flash manual pada ponselnya. Jadi bisa diasumsikan kalau masalahnya bukan berasal dari proses instalasi tertentu.

Pengguna yang terdampak dari masalah ini melaporkan kalau ponselnya normal kembali setelah mereka melakukan downgrade ke Android Pie.

Masalahnya sendiri terlihat belum menyebar secara luas, namun sepertinya lebih baik bagi para pengguna Pixel untuk menahan diri agar tak buru-buru memperbarui sistem operasi ponselnya sampai Google mengeluarkan pernyataannya mengenai masalah ini.


Pengguna Android 10 Keluhkan Sensor Mati Setelah Update


Simak Video "CamScanner, Aplikasi Penyebar Malware di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com