Rabu, 04 Sep 2019 12:42 WIB

Mengenang Motorola Rokr E1, si 'Pendahulu' iPhone

Kris Fathoni W - detikInet
Halaman 1 dari 2
Motorola Rokr E1, si Pendahulu iPhone. (Foto: Dok. Motorola) Motorola Rokr E1, si 'Pendahulu' iPhone. (Foto: Dok. Motorola)
Jakarta - Pada tanggal 7 September 2005, nyaris genap 14 tahun silam, Motorola Rokr E1 dirilis. Fitur utamanya membuat ponsel ini bagaikan jadi pendahulu tak resmi iPhone.

Rokr E1 pada dasarnya merupakan ponsel Motorola E398 yang dilahirkan ulang berkat tambahan fitur khusus. Berkat hardware yang identik, forum-forum teknologi saat itu cukup sarat dengan tutorial cara nge-flash firmware Rokr E1 ke E398.

Lantas apa yang istimewa dari Rokr E1? Yang utama adalah, di dalam perangkat ini ada iTunes-nya Apple. Motorola Rokr E1 adalah ponsel pertama yang terintegrasi dengan layanan musik iTunes.




Dengan firmware itu di dalamnya, Rokr E1 punya teknologi terlisensi Apple untuk memutar musik yang sudah dibeli dari iTunes Music Store. Aplikasi pemutar musik di dalam ponsel ini pun memiliki antarmuka mirip dengan iPod-nya Apple. Selain itu, ada pula yang menilai tampilan fisik Rokr E1 membuatnya kian ke-Apple-Apple-an.

Untuk menambah kuat citranya sebagai "ponsel musik", Motorola Rokr E1 di antaranya juga mengusung speaker stereo dengan motor vibrasi -- demi memberikan simulasi bass. Kartu microSD kapasitas 512MB disediakan langsung guna menyimpan file, termasuk lagu, dengan Rokr E1 juga mampu mendukung kartu microSD sampai dengan kapasitas 1GB. Segala kelebihan Rokr E1 pun saat itu dipaparkan langsung oleh Steve Jobs, dedengkot Apple.

[Gambas:Youtube]



(halaman berikutnya: Nasib buruk Rokr E1)


(krs/rns)