10 Fitur Unggulan Android 10

10 Fitur Unggulan Android 10

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 04 Sep 2019 11:53 WIB
Halaman ke 1 dari 2
10 Fitur Unggulan Android 10
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Google akhirnya merilis Android 10 ke pasaran, yang saat ini sudah tersedia untuk jajaran perangkat Pixel, dari Pixel 1 sampai 3. Apa saja fitur unggulannya?

Smart Reply
Smart Reply adalah fitur di mana ponsel akan memberikan shortcut ke aplikasi relevan sesuai dengan notifikasi yang muncul. Misalnya ketika ada notifikasi pesan dengan sebuah titik GPS, maka shortcut yang muncul adalah Google Maps.

10 Fitur Unggulan Android 10Foto: undefined


Gesture Swipe Baru
Google membenamkan fitur gesture baru di Android 10, contohnya adalah mengganti tombol back dengan swipe dari ujung bagian kiri atau kanan bawah layar. Perpindahan antara satu aplikasi ke aplikasi lain juga bisa dilakukan dengan swipe di kiri atau kanan bawah layar.

Namun fitur ini bisa dimatikan jika pengguna lebih suka bernavigasi menggunakan cara lama. Yaitu dengan dua tombol navigasi (back dan home), atau tiga tombol navigasi (back, home, dan recent apps).

10 Fitur Unggulan Android 10Foto: undefined


Live Caption
Live Caption adalah fitur yang bisa mentranskrip percakapan yang ada di ponsel, baik itu berasal dari video, podcast, atau pesan audio. Hebatnya, fitur ini bisa bekerja tanpa koneksi internet.

10 Fitur Unggulan Android 10Foto: undefined


Sound Amplifier
Dengan fitur ini pengguna bisa meningkatkan dan mengatur suara yang dikeluarkan lewat headphone dengan kabel. Jadi pengguna bisa mendengarkan suara dari rekaman yang volumenya kecil, ataupun bisa menghilangkan noise di background suara.

10 Fitur Unggulan Android 10Foto: Dok. Google


Format Foto HEIF
Ada format foto baru yang didukung di Android 10, yaitu HEIF. Format baru ini membutuhkan storage yang lebih kecil namun kualitas fotonya setara dengan format JPEG yang sebelumnya lazim digunakan.

(asj/krs)