Sabtu, 24 Agu 2019 21:59 WIB

Deretan Smartphone yang Cicipi Android 10

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dok. Google Foto: Dok. Google
Jakarta - Google sudah memberi nama sistem operasi (OS) Android Q yang dilabeli Android 10. Sejauh ini, sejumlah smartphone dinyatakan dapat mendukung OS tersebut, siapa saja yang dimaksud?

Diketahui, Android 10 saat ini statusnya sudah memasuki versi beta 6 alias yang terakhir. Artinya, tak perlu lama lagi menunggu kehadiran OS besutan raksasa asal Mountain View, AS ini.


Menjelang perilisan, Google mengambil langkah mengejutkan dengan menamakan Android Q menjadi Android 10. Penetapan nama ini sekaligus mengubah kebiasaan Google yang selama 10 tahun ke belakang selalu memberi nama Android dengan nama makanan penutup.

"Sebagai sistem operasi global, dinilai penting bahwa nama-nama ini jelas dan dapat dihubungkan untuk semua orang di dunia," Google VP of Product Management for Android, Sammer Samat dikutip dari Tech Radar, Sabtu (24/8/2019).

Tak hanya nama, logo Android juga diubah, di mana yang terbaru menyertakan robot kecil berwarna hijau di samping tulisan Android.

"Kami pikir perubahan ini membantu semua nama yang dirilis lebih sederhana dan lebih intuitif untuk komunitas global kami," sambungnya.



Berikut daftar ponsel yang sejauh ini mendukung Android 10 versi beta:

- Google Pixel
- Google Pixel XL
- Google Pixel 2
- Google Pixel 2 XL
- Google Pixel 3
- Google Pixel 3 XL
- Google Pixel 3a
- Google Pixel 3a XL
- Asus Zenfone 5Z
- Essential Phone
- Huawei Mate 20 Pro
- LG G8
- Nokia 8.1
- OnePlus 6T
- Oppo Reno
- Realme 3 Pro
- Sony Xperia XZ3
- Techno Spark 3 Pro
- Vivo X27
- Vivo Nex S
- Vivo Nex A
- Xiaomi Mi 9
- Xiaomi Mi Mix 3 5G

Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)