Sabtu, 24 Agu 2019 16:30 WIB

Nama Baru Android Disesalkan, Kenapa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Dok. Google Foto: Dok. Google
Jakarta - Nama baru sistem operasi Android Q sudah diputuskan menjadi Android 10. Tak sedikit yang menyesalkan keputusan Google mengubah tradisi penamaan makanan penutup untuk setiap sistem operasi (OS) terbaru mereka.

Sejak lebih dari sedekade lalu, selain versi pertama yang dilabeli Alpha dan yang kedua Beta, secara berurutan Google menamakan Android dengan nama makanan penutup sesuai urutan alfabet. Daftarnya sebagai berikut:

Android 1.0 : Android Alpha

Android 1.1 : Android Beta

Android 1.5 -: Android Cupcake

Android 1.6 -: Android Donut

Android 2.0-2.1 : Android Eclair

Android 2.2 : Android Froyo

Android 2.3 : Android Gingerbread

Android 3.0 :Android Honeycomb

Android 4.0 : Android Ice Cream Sandwich

Android 4.1 - 4.3 : Android JellyBean

Android 4.4 : Android KitKat

Android 5 : Android Lollipop

Android 6. : Android Marshmallow

Android 7 : Android Nougat

Android 8 : Android Oreo

Android 9: Android Pie


Alhasil setiap mereka merilis Android terbaru kita dibuat penasaran. Bahkan kita sampai menebak-nebak apa nama nama makanan yang akan digunakan.

Sayangnya, keseruan menebak nama OS Android terbaru takkan berlaku lagi setelah mengubahnya jadi bilangan angka. Dengan demikian OS selanjutnya Android 11 dan seterusnya.

"Google telah menekan tombol membosankan dan menyebutnya Android 10," keluh Holly Brockwell kolomnis dari Gizmodo.

Memang dessert dengan kata depan Q terbilang sulit dan tidak cukup banyak dibandingkan lainnya. Tapi, perusahaan asal Mountain View, AS, bisa saja Quince, Quorn, Quarterpounder, Quinoa, Quesadilla, atau Quiche jadi opsinya.

Patung OS Android di markas Google, Mountain View, AS.Patung OS Android di markas Google, Mountain View, AS. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Bila Google merasa kebingungan nama tepat untuk Android Q, Brockwell mengatakan solusi dengan melemparkan ke publik jadi jalan keluarnya.

Alih-alih Google melakukan hal tersebut, mereka justru meninggalkan tradisi untuk nama OS Android teranyarnya dengan sesuatu yang dinilai idenya membosankan dan paling tidak orisinal.


"Jika Anda mencoba membunuh sesuatu yang orang suka, Anda sebaiknya memiliki pengganti yang sangat baik, bukan Android 10. Bila berbicara fakta, itu bukan Android versi 10 tapi ke-15 atau yang dihitung dari Alpha dan Beta jadi 17. (Penamaan) ini sama dengan produk teknologi lainnya," tuturnya.

Android 10 ini mengikuti tren perusahaan teknologi umum lainnya, sebut saja Windows 10, iPhone X, Galaxy S10, Galaxy Note 10, Honor 10, Sony Xpersia 10, Mac OS X, BlackBerry 10, dan lainnya.

Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)