Jumat, 23 Agu 2019 17:15 WIB

Tahun Depan Nokia Mau Rilis Ponsel 5G Murah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Miguel Benitez/Getty Images Foto: Miguel Benitez/Getty Images
Jakarta - Saat ini, semua ponsel 5G yang sudah ada di pasaran dijual dengan harga mahal, dengan harga setidaknya USD 1.000 atau sekitar Rp 14 juta. Namun Nokia sudah siap-siap merilis ponsel 5G murah pada 2020 mendatang.

Dilansir dari Digital Trends, Jumat (23/8/2019), HMD Global tengah mempersiapkan sebuah ponsel 5G yang harganya hanya setengah dari harga ponsel 5G yang ada saat ini. Ajang MWC 2020 di Barcelona, Spanyol disebut-sebut akan menjadi panggung peluncuran perangkat ini.

Jika benar, maka pada 2020 mendatang, akan ada ponsel 5G dari Nokia yang harganya berkisar USD 500 - USD 650. Menurut Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas, mereka bekerja sama dengan pembuat chip seperti Qualcomm, dan juga mulai berdiskusi dengan operator seluler di AS untuk mewujudkan ponsel 5G murah ini.


"Kami melihat adanya kesempatan untuk menghadirkan 5G di segmen yang lebih terjangkau. Saya menyebutnya sebagai terjangkau jika dibandingkan dengan yang ada saat ini. Saya sangat ingin melihat kami menjualnya dengan setengah dari harga yang ada untuk ponsel 5G saat ini," ujar Sarvikas.

5G adalah konektivitas nirkabel generasi selanjutnya, yang mempunyai kecepatan 10 kali lebih kencang ketimbang 4G LTE. Namun untuk saat ini, penerapannya masih membingungkan karena masih terpecah di antara tiga spektrum yang ada.

Yaitu spektrum dengan frekuensi rendah, yang mempunyai cakupan jauh, frekuensi menengah (2,5GHz), dan spektrum mmWave, yang cakupannya kecil namun mempunyai kapasitas dan kecepatan data yang lebih tinggi.

Simak Video "Akan Dirilis Ponsel 5G Murah Milik Nokia "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)