Selasa, 20 Agu 2019 06:40 WIB

Xiaomi, Oppo, dan Vivo Beraliansi, Mau Saingi Apple AirDrop

Kris Fathoni W - detikInet
Aliansi Vivo, Xiaomi, dan Oppo. (Foto: via GizmoChina.com) Aliansi Vivo, Xiaomi, dan Oppo. (Foto: via GizmoChina.com)
Jakarta - Vendor smartphone top lazim terlibat persaingan sengit satu sama lain. Tetapi Vivo, Xiaomi, dan Oppo tetap bisa kompak dan menjalin aliansi seperti saat ini.

Lewat aliansi ini, para pengguna smartphone ketiga brand nantinya bisa saling transfer file dengan lebih mudah dan praktis, sampai besaran file 20 MBps, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ya, menurut sebuah post WeChat dari Xiaomi, sebagaimana diwartakan CaixingGlobal, Vivo, Xiaomi, dan Oppo akan meluncurkan sebuah sistem transfer file lintas merek -- yang melibatkan MIUI, ColorOS, dan FunTouch OS pada smartphone ketiga brand.




Dijelaskan lebih lanjut, transfer file dalam aliansi tersebut akan berlangsung di atas koneksi Bluetooth tanpa menggunakan data seluler. Selain transfer file lebih praktis dan cepat, belum ada banyak rincian lain mengenai mekanisme tersebut.

Salah satu dugaan yang muncul adalah bahwa proses transfer file di ponsel Vivo, Xiaomi, dan Oppo ini akan mirip-mirip dengan AirDrop-nya Apple, yang memungkinkan transfer file di antara perangkat Apple di atas koneksi Wi-Fi peer to peer.




Xiaomi juga menyebut bahwa pabrikan smartphone lain nantinya boleh-boleh saja mengadopsi mekanisme yang sedang digarapnya bersama Oppo dan Vivo. Versi beta sendiri baru akan tersedia di akhir Agustus.

Sementara itu GizmoChina.com menjelaskan lebih lanjut bahwa aliansi ini akan bikin transfer file di antara ponsel Xiaomi, Oppo, dan Vivo cukup memerlukan satu klik. Format yang didukung pun beragam seperti foto, video, dokumen, lagu, dan lain-lain.

Vivo, Xiaomi, dan Oppo Rupanya Jalin Aliansi, Garap Apa Sih?Foto: via GizmoChina.com




Simak Video "''Membumi'' Jadi Kunci Xiaomi Gaet 24 Juta Pengguna di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/fyk)